Ciri-ciri Madu Asli yang Dapat Anda Ketahui

By Categories : Umum

Madu asli atau murni memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. Saking banyaknya khasiat yang dimiliki membuat orang banyak mencarinya. Namun saat ini masih banyak kasus madu yang memiliki kualitas diragukan alias madu tersebut sudah dicampur dengan bahan lain seperti gula. Untuk dapat membedakan madu asli dengan madu palsu sebenarnya bukanlah hal mudah, perlu kecermatan dalam membedakannya.

Still life - honey

Meskipun begitu madu asli atau madu murni memiliki ciri-ciri yang dapat diketahui. Oleh sebab itu ketika terdapat madu dalam kemasan yang dijual dengan harga yang tidak wajar alias murah, sebaiknya Anda patut untuk curiga. Untuk lebih jelasnya bagaimana saja ciri-ciri yang dimiliki madu asli, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini.

Berikut Ciri-ciri Madu Asli yang Perlu Diketahui

Madu Asli Tidak Mudah Tembus Kertas

Ciri-ciri madu murni yang pertama adalah madu asli tidak mudah tembus kertas. Letakknya sedikit madu di atas kerta untuk melihat apakah madu tersebut murni atau tidak. Jika madu tidak menembus kertas dan tidak menetes kemungkinan besar madu tersebut asli. Sementara jika madu tersebut menembus kertas dan menetes kemungkinan besar madu tersebut adalah palsu. Seperti yang kita ketahui bahwa madu mengandung royal jelly yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Madu Asli Tidak Mengendap dan Berbuih

Ciri-ciri madu asli yang kedua adalah madu asli tidak akan mengendap di bawah botol dan juga tidak timbul buih. Ketika madu disimpan di dalam botol dalam jangka waktu lama dan mengendap di bawah botol meski ditutup secara rapat dengan warna putih layaknya buih, dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah palsu. Madu asli tidak akan pernah mengendap dan meninggalkan endapan warna putih di bawah botol.

Madu Asli Tidak akan Terputus Ketika Diteteskan

Ciri-ciri madu asli yang ketiga adalah dengan mencoba meneteskan madu tersebut. Madu murni ketika diteteskan, tidak akan terputus. Anda dapat mencoba dengan mencelupkan sendok lalu mengangkatnya, jika madu sampai menetes kemungkinan besar bahwa madu tersebut sudah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya seperti gula bahkan sampai dengan campuran air.

Madu Asli tidak Akan Didekati Semut

Untuk ciri yang satu ini sudah diketahui orang banyak sejak dulu untuk mengetahui madu asli atau tidak. Coba teteskan sedikit madu ke area terbuka dan biarkan beberapa waktu. Ketika semut datang dan mengerubungi madu tersebut, dapat dipastikan bahwa madu tersebut palsu yang mungkin sudah dicampurkan dengan sirup ataupun gula. Pasalnya madu asli tidak akan didekati oleh semut, dikarenakan keaslian dan kekentalan yang dimiliki madu.

Madu Asli Tidak Mudah Larut

Ciri madu asli berikutnya adalah madu asli tidak mudah larut dalam air. Teteskan sedikit madu ke dalam air, untuk madu asli tidak mudah langsung mengendap di dalam air, membutuhkan beberapa waktu. Sedangkan untuk madu yang langsung mengendap di bawah air dalam hitungan detik maka kemungkinan madu tersebut sudah tidak murni.

Nah itulah tadi beberapa ciri-ciri madu asli yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Manfaat madu untuk sariawan

Loading...
terms: madu putih palsu