Ciri-Ciri Ikan Berformalin yang Wajib Diketahui

By Categories : Tips

Di jaman yang semakin modern ini banyak penjual tak bertanggung jawab terhadap sumber makanan yang mereka jual. Untuk mempertahankan kualitas makanan yang mereka jual, banyak pula oknum penjual nakal yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu cara yang dilakukan penjual nakal dan tak bertanggung jawab tersebut adalah menggunakan bahan formalin sebagai bahan pengawet.Ciri-Ciri Ikan Berformalin

Salah satu bahan makanan yang diawetkan dengan menggunakan pengawet kimia tersebut adalah ikan. Hal ini sangat tak wajar mengingat formalin merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Ikan memang menjadi sumber makanan hewani yang mengandung banyak protein dan nutrisi baik lainnya. Akan tetapi dapat menjadi racun bagi tubuh apabila ikan tersebut mengandung bahan pengawet makanan kimia apalagi pengawet yang bukan ditujukan untuk makanan seperti formalin.

Saat ini pemerintah lewat Dinas Kesehatan sudah menghimbau agar masyarakat lebih cermat dalam memilih sumber makanan mentah yang akan dibeli serta melakukan sidak ke pasar-pasar. Oleh sebab itu sebagai konsumen makanan yang sering mengonsumsi ikan untuk dijadikan menu sehari-hari perlu waspada dan berhati-hati. Nah untuk itu ada baiknya jika mengetahui ciri-ciri ikan berformalin. Untuk mengetahuinya silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Ciri-Ciri Ikan Berformalin yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Ikan yang Mengandung Formalin

  • Warna dari ikan akan lebih cerah. Memang agak sulit untuk membedakan ikan yang mengandung formalin dengan ikan yang tidak mengandung formalin. Perlu Anda ketahui bahwa ikan yang mengandung formalin memiliki ciri fisik warna insang nampak lebih pucat seperti merah kegelapan dibandingkan dengan ikan segar.
  • Ciri-ciri ikan berformalin berikutnya adalah ikan yang mengandung formalin atau bahan berbahaya lainnya tidak akan dihinggapi oleh lalat meskipun berada di tempat yang terbuka. Ciri yang satu ini paling jelas untuk diketahui.
  • Ciri ikan mengandung formalin atau bahan berbahaya berikutnya adalah ketika ikan dipotong, daging akan mudah hancur meskipun tekstur ikan keras.
  • Ciri-ciri ikan berformalin yang keempat adalah tidak berbau layaknya ikan pada umumnya, meski berbau ikan mengandung formalin atau bahan pengawet berbahaya lainnya memiliki bau sedikit amis dan juga busuk.

Ciri Ikan yang Tidak Mengandung Formalin

  • Ciri ikan yang tidak mengandung formalin memiliki insang dengan warna merah, sehingga akan terlihat segar. Warna merah pada ikan alami dan tidak terlalu mencolok. Ketika dipegang tidak menimbulkan warna pada jari.
  • Ikan lebih cepat busuk dan berbau bila tak dimasukkan ke dalam almari es dalam beberapa jam.
  • Ciri ikan tak mengandung formalin berikutnya adalah memiliki bau khas dari ikan dan segar.
  • Untuk cara lainnya yang dapat diketahui adalah dengan menggunakan getah pepaya. Untuk caranya taruh getah pepaya di atas ikan tersebut. Bila getah menggumpal kemungkinan besar ikan tersebut telah dicampuri pengawet berbahaya seperti formalin.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa ciri-ciri ikan berformalin yang bisa Anda ketahui. Bahan pengawet berbahaya seperti formalin atau lainnya berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, gangguan pencernaan, dan penyakit berbahaya lainnya.

Loading...
terms: ciri ikan berformalin, ikan berformalin, ciri ciri ikan berformalin, ciri ikan berformalin setelah dimasak, ciri-ciri ikan yang diformalin, ciri ciri ikan menggunakan bahan pengawet, ciri ciri ikan yg menggunakan daging formalin, ciri ciri daging ikan berfotnalin, ciri ciri ikan laut pakai formalin, ciri ikan formalin, ciri ikan menggunakan formalin, ciri-ciri ikan yang diawetkan dengan formalin