Ciri-Ciri Batik Cap

By Categories : Umum

Batik adalah warisan kebudayaan dunia kebanggaan masyarakat Indonesia yang terdiri dari tiga jenis yakni batik tulis, batik cap dan batik print. Nah, berikut ini saya akan menjelaskan salah satunya untuk Anda yakni tentang batik cap. Selamat membaca!

Inilah Ciri-Ciri Batik Cap

  1. Ciri-ciri batik cap yang pertama adalah batik ini dapat diketahui dari proses pembuatannya. Batik cap adalah batik yang dibuat dari cap atau cetakan yang sengaja dibentuk dari tembaga. Cap tersebut bergambar motif tertentu.
  2. Untuk membedakan dengan batik tulis maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melihat ciri-ciri batik cap secara umum. Yakni terutama terlihat jelas pada pengulangan pola yang banyak, dan seragam. Ukuran garis atau gambar yang dihasilkan sama dan biasanya jauh lebih besar daripada garis pada batik tulis asli.Batik Cap
  3. Karena merupakan batik yang dibuat menggunakan alat, maka jelas kedetailan dari motifnya sangat terbatas. Berbeda sekali dengan batik tulis yang menggunakan tangan dalam menggambar yang tentu akan dapat melukiskan motif sesuai dengan yang diinginkan oleh pembuatnya.
  4. Warna dasar yang terdapat pada batik cap biasanya akan terlihat lebih tua dari pada warna yang ada di motifnya. Mengapa hal ini bisa demikian? Karena pada batik cap tidak ada penutupan bagian yang tidak terkena motif, jelas berbeda dengan batik tulis yang melewati serangkaian proses yang lebih banyak. Selain itu warna batik cap ini terlihat lebih mengkilap dari batik tulis.
  5. Kita bisa pula membedakannya dengan cara melihat apakah goresan motif yang terdapat pada kain batik tersebut tembus ke dalam atau dua sisi atau tidak. Jika kain batik yang Anda miliki, motifnya hanya terdapat di bagian luar saja maka hal tersebut bisa dipastikan merupakan batik cap. Sedangkan jika motif batik tersebut dua sisi atau tembus maka itu merupakan batik tulis.
  6. Cara yang selanjutnya dapat kita gunakan untuk mengenali sebuah kain batik merupakan batik tulis atau batik cap adalah dengan melihat harganya. Karena prosesnya yang sangat panjang dan butuh beberapa langkah untuk menghasilkan selembar kain batik, membuat harga kain batik tulis sangat mahal. Hal ini berbeda dengan batik cap yang lebih ditekankan pada kuantitas dan bukan kualitas, sehingga dengannya dapat dicetak banyak dalam waktu yang cepat. Hal ini membuat harga kain batik cap di pasaran jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kain batik tulis. Namun demikian, beberapa oknum ada yang sengaja menjual kain batik cap dengan harga tinggi untuk mengelabuhi konsumen. Sehingga dengan hal ini anda harus lebih teliti saat ingin membeli kain batik yang benar-benar sesuai untuk anda.

Demikianlah tadi beberapa ulasan yang bisa saya sajikan kepada Anda sekalian terkait dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh kain batik cap. Semoga bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa!

terms: ciri ciri batik cap, ciri batik cap, ciri ciri baju batik cap, klasifikasi batik cap, sebutkan 5 karakteristik batik cap