Cerita Misteri Gunung Semeru

By Categories : Umum

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang banyak digemari para pendaki gunung di Indonesia. Ini dikarenakan gunung Semeru memiliki pesona alam yang indah dan mempesona ketika berada di atasnya. Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki untuk menguji seberapa besar nyali dan kecintaannya terhadap alam. Selain itu gunung Semeru merupakan gunung paling tinggi yang terletak di Pulau Jawa. Tinggi dari gunung Semeru sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru juga termasuk sebagai gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini. Namun konon ceritanya gunung yang penuh pesona alam ini memiliki beberapa kisah misteri di dalamnya. Lalu apa saja sebenarnya misteri yang terdapat di gunung Semeru ini? Penasaran? Langsung saja silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Beberapa Cerita Misteri Gunung Semeru

Beberapa Cerita Misteri Gunung Semeru

Tersesat

Tersesat menjadi salah satu kebiasaan yang sering dialami para pendaki. Para pendaki diberikan arahan oleh warga sekitar untuk tidak berkata kotor, berperilaku aneh ketika melakukan pendakian. Perilaku yang dimaksud adalah yang bersifat merusak lingkungan. Banyak cerita bahwa pendaki yang melanggar aturan tersebut akan tersesar saat pendakian. Oleh sebab itu bagi Anda yang akan melakukan pendakian sebaiknya menjaga tata cara dan mengikuti peraturan yang ada.

Sosok Wanita di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pendaki gunung Semeru atau Mahameru. Konon cerita mistis muncul dari para pendaki yang berkemah di sekitar danau Ranu Kumbolo. Rata-rata para pendaki melihat sosok wanita di tengah danau. Sosok tersebut biasanya muncul ketika bulan purnama. Sosok mistis tersebut diyakini sebagai penunggu danau tersebut.

Kesurupan di Kelik

Kesurupan tidak sedikit yang mengalami di gunung Semeru. Banyak laporan yang beredar bahwa para pendaki mengalami kesurupan yang sering terjadi di kawasan sekitar kelik. Di samping itu dulunya di kawasan ini pernah terjadi seorang pendaki yang jatuh kemudian hilang dan meninggal dunia.

Ikan Mas di Ranu Kumbolo

Selain hantu penunggu di danau Ranu Kumbolo juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui keberadaan asal-usul ikan tersebut. Masyarakat di sana menganggap bahwa ikan mas tersebut adalah jelmaan dari para dayang penghuni Ranu Kumbolo. Oleh sebab itu terdapat larangan untuk memancing di sana. Konon ceritanya jika melanggar aturan tersebut akan mendapatkan hal-hal aneh.

Mbah Dipo

Seperti halnya dengan Mbah Marijan yang sudah meninggal sebagai juru kunci gunung Merapi, Mbah Dipo merupakan juru kunci gunung Semeru. Mbah Dipo tinggal di kawasan rawan ketika terjadi letusan pada Semeru. Sebagian masyarakat mengakui bahwa Mbah Dipo mengetahui tanda-tanda ketika akan kejadian tersebut, namun saat ini Mbah Dipo sudah meninggal dunia.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cerita misteri gunung Semeru yang terkenal dari mulut ke mulut. Oleh sebab itu sebelum melakukan pendakian, alangkah baiknya untuk berdoa dan mematuhi aturan yang ada. Baca juga Tempat Wisata Terbaik di Indonesia