Cara untuk Menjadi Penulis Lepas di Koran

By Categories : Umum

Untuk menjadi penulis lepas di koran memang gampang-gampang sulit. Yang terpenting selain menghasilkan penghasilan tambahan anda juga dapat terus mengeksplorasi kemampuan menulis anda. Menjadi penulis memang menjadi salah satu cara untuk menambah penghasilan anda.

Tips Menjadi Penulis Lepas

Modal awal bagi seorang penulis yaitu bisa mengarang, pandai menyusun kata sehingga menjadi enak untuk dibaca. Jika anda ingin menjadi penulis lepas di koran, berikut adalah tipsnya :

  1. Harus fokus : dalam hal ini anda harus pandai memiliki jenis artikel yang akan anda tulis, apa anda suka menulis hal – hal yang praktis, seperti contohnya artikel berbentuk panduan? Ataukah anda ingin menulis mengenai review gadget atau barang yang lainnya? selalu fokus di dalam setiap tulisan anda, dan persempitlah topik dari apa yang anda tulis.menjadi penulis lepas di koran
  2. Adopsi : yang dimaksud adopsi di sini yaitu anda melihat referensi dari beberapa media lalu mempelajari teknik tentang tulisan mereka. Bukan untuk menirunya, akan tetapi dalam hal ini yaitu untuk membantu anda agar bisa menemukan cara / gaya penulisan anda.
  3. Membuat daftar : dalam hal ini anda berangan – angan mengenai daftar penerbit mana ( koran ) yang akan anda tuju untuk memublikasi tulisan anda. Buatlah dengan singkat daftar penerbit entah itu masih dalam skala kecil ataupun yang sudah memiliki nama besar. Hal ini bertujuan agar anda lebih semangat dan giat dalam menulis.
  4. Menyusun tulisan anda : kumpulkanlah beberapa tulisan anda, baik dari yang belum di publis ataupun yang sudah. Lalu pelajari kembali tulisan anda, apakah tulisan anda enak untuk dibaca. Jika masih terdapat beberapa kata yang kurang cocok, anda bisa menyusunnya kembali agar tidak terulang lagi kelak.
  5. Kontak : anda bisa masuk dalam website perusahaan yang anda tuju untuk memublikasikan tulisan anda. Dan anda bisa meminta bantuan, bagaimana cara untuk mengirimkan hasil karya anda ke alamat email perusahaan yang anda tuju.
  6. Tekuni tulisan anda : jika tulisan anda mengalami penolakan, jangan pantang menyerah dan tanyakan pada bagian mana yang kurang berkenan. Anda juga bisa mencoba untuk mengirimkannya kembali ke penerbit lain. Dan jika saja masih ditolak maka anda harus mencoba untuk mengganti topik maupun gagasan pada tulisan anda. Tetaplah mencoba kembali untuk mengirim tulisan anda kepada penerbit yang sudah menolak artikel anda sebelumnya.

Itulah beberapa cara menjadi penulis lepas di koran maupun majalah. Selamat mencoba, dan tetap optimis pada hasil karya tulisan anda. Penolakan untuk pertama kali memanglah sering terjadi, namun jangan berkecil hati. Karena dari situlah anda dapat belajar dan mengoreksi kesalahan anda. Terima kasih.

loading...
terms: Contoh Tulisan Lepas, cara mendaftar menjadi penulis online, bagai mana menjadi penulis di koran, penulis lepas di koran, menjadi penulis, daftar jadi penulis di koran, contoh artikel penulis lepas, cara menjadi penulis koran artikel, Cara menjadi penulis koran, cara menjadi penulis di koran, Cara daftar menjadi penulis lepas, bagaimana tips menjadi seorang penulis