Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

By Categories : Bisnis

Usaha ayam potong atau ayam broiler sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Usaha ini semakin berkembang karena permintaan pasar yang terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan produk peternakan ini kian mahal karena tidak diimbangi dengan produksi yang cukup. Seperti yang kita ketahui, saat lebaran atau perayaan hari besar harga ayam potong bisa dua atau tiga kali lipat dibanding hari biasa. Hal tersebut tentu akan membuat seseorang tertarik untuk memulai usaha ini.

Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Namun masalah yang sering terjadi adalah seseorang kurang memahami seluk beluk  bidang usaha ini. Cara ternak ayam potong ada dua sistem yaitu usaha mandiri dan kemitraan ternak ayam broiler.

Baca juga Tips sukses bisnis bagi pemula

Usaha mandiri artinya seluruh komponen usaha ternak ditanggung oleh si peternak. Jadi, Anda secara pribadi bertanggung jawab mulai dari pembuatan kandang, bibit, makanan, obat-obatan, panen, dan pemasaran. Keuntungan yang didapat juga akan penuh sesuai dengan harga pasar. Namun cara ternak ayam potong dengan sistem ini memiliki kelemahan yaitu semua resiko usaha ditanggung penuh oleh pemilik ternak, salah satunya adalah rumitnya memasarkan hasil ternak.

Sedang usaha kemitraan ayam potong artinya adalah melaksanakan usaha dengan cara bahu membahu yakni antara perusahaan sebagai inti dan peternak sebagai plasma. Pada sistem ini peternak hanya menyediakan kandang dan untuk skala akan ditetapkan oleh perusahaan hingga masa panen tiba. Cara ternak ayam potong menggunakan sistem ini memiliki kelebihan, taitu peternak hanya mengeluarkan modal untuk membangun kandang, kemudian untuk perawatan dan pemasaran juga sudah dijamin oleh perusahaan. Namun kelemahannya adalah peternak tidak bisa menentukan harga jual, karena harga dijual menggunakan sistem ini merupakan harga kontrak yang dari awal disepakati.

Cara ternak ayam potong

  1. Mendirikan kandang, yaitu dengan mempersiapakan izin dan tata letak harus baik sesuai dengan arah matahari dan memperhatikan arah angin. Ini karena ayam broiler sangat rentan dengan kondisi iklim.
  2. Perhatikan sumber air dan sumber listrik.
  3. Setelah kandang siap maka pasang semua peralatan untuk menyambut DOC ayam potong. Terutama tentang penghangat, sekat dan litter yang memadai. Jangan lupa siapkan peralatan makan dan minum untuk anak ayam.
  4. Cara ternak ayam potong pada 14 hari pertama adalah peternak harus sering-sering mengecek kondisi kandang atau kondisi ayam broiler. Ini agar Anda lebih paham mnegetahui kondisi ayam yang sehat atau tidak.
  5. Melakukan vaksinasi minum atau tetas pada hari ke 7, 14, dan 21.
  6. Pada 14 hari pertama cek suhu ruangan kandang pada siang dan malam hari. Cara paling mudah adalah lihat anak ayam apakah bergerombol atau tidak, jika bergerombol maka suhu ruangan terlalu rendah.
  7. Setelah 12 hari Anda cukup mengecek dan memberikan makanan 2 kali sehari saja hingga masa panen.
  8. Pemberian antibiotik dilakukan pada hari ke 5 sampai hari ke 10 sebelum panen.

Baca juga Cara membangun bisnis rumahan

Loading...
terms: belajar memelihara ayam potong