Cara Terbaik Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Secara umum bayi yang lahir memiliki berat tubuh yang berbeda-beda dan beragam. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan bayi ketika lahir, seperti nutrisi yang didapatkan selama ibu mengandung, kesehatan dari sang ibu ketika mengandung, serta faktor gen yang menentukan berat badan sang bayi.

Oleh sebab itu ketika proses mengandung sebaiknya ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar sang bayi dapat lahir dengan berat badan normal. Rata-rata berat badan bayi ketika lahir pada angka 2500 gram(2,5kg) sampai 4500 gram(4,5 kg). Namun bagi bayi yang lair dengan berat badan yang cenderung rendah, jangan khawatir karena terdapat beberapa cara sehat yang bisa dilakukan.

Menaikkan Berat Badan Bayi

Selain itu saat ini sudah banyak dan tersedia Kartu Menuju Sehat (KMS). Adapaun isi di dalam buku ini adalah terdapat grafik perkembangan berat pada bayi, dengan begitu Anda sebagai orang tua dapat mengontrol dan melihat perkembangan berat badan bayi. Lalu bagaimana cara untuk menaikkan berat badan pada bayi? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Menaikkan Berat Badan pada Bayi

Memberikan Asupan ASI pada Bayi

Cara terbaik menaikkan berat badan bayi yang pertama adalah dengan memberikan asupan ASI berkualitas. Ketika bayi masih berumur di bawah 6 bulan memang belum bisa dibolehkan untuk mengonsumsi makanan, dan hanya boleh diberikan ASI berkualitas saja. Ini dikarenakan nutrisi yang didapatkan pada bayi di bawah 6 bulan berasal dari asupan ASI yang diberikan untuk bayi. ASI menjadi sumber makanan dan nutrisi satu-satunya untuk bayi yang berumur di bawah 6 bulan. Agar ASI lebih berkualitas untuk sang bayi, sebaiknya sang ibu juga memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan lengkap. Di samping itu para ibu menyusui harus menghindari stress, karena stress akan mempengaruhi kualitas ASI menjadi kurang baik.

Memberikan Makanan Pengganti ASI pada Bayi

Ketika bayi sudah berumur di atas 6 bulan, barulah sang ibu bisa memberikan MPASI atau disebut dengan makanan pengganti ASI. Ketika bayi mendapatkan makanan pengganti ASI, maka jumlah ASI yang diterima dari sang bayi akan berkurang. Hal ini dikarenakan sang banyi sudah mendapatkan asupan makanan pengganti ASI terlebih dahulu. Anda dapat memberikan makanan pengganti ASI untuk bayi berumur di atas 6 bulan dengan memperhatikan kandungan nutrisi seperti kalori. Kalori bisa Anda tambahkan pada makanan pengganti ASI dengan menambahkan sedikit keju atau bisa juga minyak sayur. Berikan MPASI pada bayi 2 sampai 3 kali setiap harinya.

Memperhatikan dan Memberikan Komposisi yang Tepat

Seperti pada penjelasan di atas bahwa untuk bayi di atas 6 bulan sudah dapat diberikan asupan makanan pengganti ASI. Dalam pemilihannya sebaiknya sang ibu tetap memperhatikan makanan dan asupan nutrisi yang dimiliki. Anda dapat memberikan nutrisi karbohidrat dan sayuran yang seimbang dengan perbandingan 50 50. Sebagai contoh nasi tim dapat diberikan sebanyak 4 sendok makan dengan lauk dan juga sayur-sayuran sama-sama 2 sendok makan.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara terbaik menaikkan berat badan bayi. Baca juga artikel terkait Tips menambah berat batam.