Cara Sehat Menggunakan Komputer yang Benar

By Categories : Tips

Di era modern dan teknologi yang semakin canggih ini membuat orang tak bisa dipisahkan dengan kehadiran barang elektronik seperti smartphone sampai dengan komputer. Kehadiran komputer di dalam kehidupan manusia memang cukup membantu dalam menyelesaikan tugas. Aktivitas di depan komputer dilakukan mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang tua.

Akan tetapi terlalu lama di depan komputer justru tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan mata. Di samping itu menggunakan terlalu lama di depan komputer menyebabkan berbagai masalah pada lengan, kepala, dan juga punggung. Nah untuk Anda yang memiliki aktivitas di depan komputer dalam jangka waktu lama tak ada salahnya jika membaca pembahasannya di bawah ini.

Cara Sehat Menggunakan Komputer yang Benar

Berikut Cara Sehat Menggunakan Komputer yang Benar

Mengurangi Kecerahan pada Layar

Cara sehat menggunakan komputer yang benar pertama adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar. Layar yang terlalu cerah dapat mengganggu kesehatan mata, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu ketika Anda sering berada di depan komputer dalam waktu yang lama sebaiknya mengurangi intensitas cahaya pada monitor dengan cara menurunkannya sedikit.

Memasang Pelindung Layar

Cara sehat menggunakan komputer yang kedua adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar dapat dipasang pada monitor komputer yang berfungsi untuk melindungi mata ketika menatap layar monitor dalam jangka waktu lama. Menatap monitor dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, serta mata minus untuk waktu tertentu. Oleh sebab itu jangan lupa memasang pelindung layar jika aktivitas di depan komputer Anda tinggi.

Perhatikan Posisi Duduk

Cara sehat menggunakan komputer berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi duduk. Posisi duduk juga turut mempengaruhi ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku. Sementara kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 sampai dengan 60 cm dari monitor.

Melakukan Pemanasan Ringan

Untuk poin yang keempat ini adalah melakukan pemanasan ringan seperti berjalan sejenak. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat relaksasi sejenak. Nah untuk Anda yang bekerja di kantoran yang terbiasa berhadapan dengan komputer 8 jam setiap harinya, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak dengan berjalan beberapa menit agar tubuh tidak terlalu capek duduk dan berhadapan dengan monitor.

Menghindari Penggunaan Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya

Cara sehat menggunakan komputer yang terakhir adalah menghindari penggunaan komputer di ruangan yang minim akan cahaya. Penggunaan komputer dengan kondisi cahaya kurang juga dpaat menyebabkan permasalahan pada mata seperti mata minus. Oleh karena itu ketika menggunakan komputer meski dalam waktu sebentar usahakan ruangan mendapatkan penerangan yang memadai.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara sehat menggunakan komputer yang benar. Baca juga artikel mengenai Cara merawat komputer agar awet.

loading...
terms: cara dan penggunaan komputer yg sehat, cara menggunakan komputer yang benar menurut kesehatan, posisi penggunaan komputer yang sehat