Cara Perpanjang SIM Online

By Categories : Berita

Semakin berkembangnya teknologi informasi diberbagai aspek kehidupan membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas. Setiap orang pasti akan terbantu karena semua dapat dilakukan secara online. Hal ini penting karena dapat menghemat waktu dan tenaga. Salah satu layanan terbaru yang membantu masyarakat Indonesia adalah SIM online. Dengan adanya layanan ini Anda tidak harus pergi ke tempat awal pembuatan SIM untuk memperpanjang SIM Anda. Anda cukup melakukannya secara online dimana pun Anda tinggal. Perpanjang SIM online ini sangat berguna masyarakat.

Cara Perpanjang SIM Online

Beberapa waktu yang lalu Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan program perpanjangan SIM secara online. Prosesnya juga cukup mudah dan cepat, hanya sekitar 3-5 menit Anda sudah mendapatkan perpanjangan Surat Izin Mengemudi.

Menurut salah satu Petugas Pemandu Pelayanan SIM Keliling, Aiptu Arwin Nasution menjelaskan jika pelayanan SIM online dapat dilakukan di berbagai gerai yang terdapat di bus pelayanan SIM keliling. Terdapat 45 Satuan Pelaksanaan Administrasi (Satpas) di 38 Polda di Indonesia.

Aiptu Arwan menambahkan, bagi masyarakat yang mau perpanjang SIM online cukup membawa SIM dan KTP asli yang masih berlaku. Setiap warga nantinya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan diantaranya adalah kesehatan mata, tensi darah, dan perawakan tubuh. Dalam hal ini adalah apakah kondisi tubuh dalam keadaan cakap atau tidak. Setiap pelayanan perpanjang SIM online nantinya terdapat dokter atau petugas yang memeriksa di Satuan Pelaksanaan Administasi.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, masyarakat diberi arahan untuk melakukan pembayaran di administrasi Pendapatan Asli Bukan Pajak di Bank BRI. Untuk melakukan perpanjangan SIM A masyarakat dikenakan biaya Rp 80 ribu dan biaya kesehatan sebesar Rp 25 ribu. Biaya kesehatan tergantung wilayah masing-masing, jadi bisa berbeda. Namun selisihnya tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk peranjang SIM C biayanya adalah Rp 75 ribu. Adapaun biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu. Biaya asuransi ini sifatnya tidak wajib namun Anda disarankan untuk membayar.  Ini berguna jika suatu saat Anda terkenah musibah kecelakaan dan sebagainya.

Setelah melakukan pembayaran, masyarakat akan diarahkan untuk melakukan pengisian formulir dan menginput data perpanjang SIM online. Kemudian setelah itu, baru dilakukan identifikasi dan foto. Proses ini memakan waktu 3-5 menit sampai Anda mendapatkan SIM baru.

Baca juga Tips Sukses Bisnis Online Shop

terms: trik pengalihan panggilan ke beda operator