Cara Mudah Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Susah BAB setelah melahirkan adalah hal wajar yang sering dialami ibu setelah persalinan. Nah apakah Anda sedang mencari hal tersebut? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini karena kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi susah BAB atau sembelit setelah melahirkan.

Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu masalah yang cukup serius. Apalagi jika Anda mengalaminya dalam masa kehamilan ataupun setelah melahirkan. Sebab susah buang besar dapat membuat perut terasa begah dan tidak nyaman. Jika akhir-akhir ini buang air besar Anda tidak tertaur, mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut. yang pertama adalah karena obat yang diberikan setelah melahirkan. Obat untuk mengurangi rasa sakit setelah melahirkan merupakan penyebab paling umum yang sering terjadi.

Selain obat pengilang rasa sakit, vitamin yang mungkin Anda konsumsi juga dapat menyebabkan hal ini. Namun perlu diketahui menghentikan konsumsi vitamin tersebut bukanlah hal yang disarankan, oleh karena itu Anda bisa mengganti vitamin tersebut dengan vitamin lainnya yang memiliki formula lebih baik yang tak akan menyebabkan sembelit. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menanyakan ke dokter umum yang biasa Anda kunjungi.

Sebenarnya tak hanya itu saja,  bekas jahitan akibat operasi caesar ataupun persalinan normal juga menyebabkan Anda khawatir. Sebab jika Anda mengalami konstipasi tentu saja dapat menyebabkan bekas jahitan terasa sakit dan bahkan robek . Pencernaan yang terganggu juga dapat menyebabkan sembelit setelah melahirkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.susah-bab-setelah-melahirkan

Inilah Cara Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

Cukup Minum Air Putih

Cara yang pertama adalah dengan cukup minum air putih. Air putih yang Anda  minum sangat efektif untuk mengatasi penyumbatan di saluran pencernaan. Air putih juga berguna untuk mencegah konstipasi. Selain air putih, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon ke dalam segelas air hangat lalu minum teratur di pagi hari. Cara ini sudah terbukti efektif untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan.

Baca juga cara diet setelah melahirkan agar kembali langsing

Konsumsi Makanan Berserat

Selain cukup minum air putih, Anda juga harus mengonsumsi makanan berserat. Serat  yang terkandung dalam buah-buahanan an sayur-sayuran berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dan membuat Anda lebih teratur dalam buang air besar. Selain makanan berserat tinggi, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kaya serat sesuai dengan ajuran dokter.

Atau Anda juga bisa menambahkan kulit gandum ke dalam makanan Anda untuk mengatasi masalah pencernaan yang Anda alami. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi kulit gandum sebab makanan tersebut kaya akan kalsium yang dapat mengganggu penyerapan mineral untuk pembentukan tulang.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Cara selanjutnya adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks.  Karbohidrat kompleks yang Anda konsumsi lebih mudah dicerna dan pastinya dapat membuat pencernaan lebih ringan dan lebih lancar. Beberapa karbohidrat kompleks yang dapat Anda konsumsi adalah biji-bijian, roti gandum, beras merah, oat, biji rami, pasta dan lainnya.

Minyak Zaitun

Cara mengatasi susah BAB setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Tak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan wajah dan kesehatan kulit saja, minyak zaitun juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk melancarkan pencernaan.

Untuk mengatasi susah buang air besar dengan minyak zaitun caranya pun sangat mudah, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun di atas ikan atau ayam yang sedang Anda olah. Selain lauk, Anda juga bisa menambahkannya ke dalam pasta.

Konsumsi Pepaya

Jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, pepaya adalah salah satu buah kaya serat yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda mengalami masalah pencernaan, mulailah untuk mengonsumsi pepaya dalam setiap harinya. Selain kaya serat, pepaya juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi Obat Pencahar

Jika cara di atas tidak efektif, Anda bisa menggunakan obat pencahar. Sebab memaksakan diri untuk buang air besar  justru sangatlah menyakitkan dan dapat menyebabkan jahitan robek. Oleh karena itu tak ada salahnya jika Anda menggunakan obat pencahar. Obat pencahar yang Anda gunakan berfungsi untuk melunakkan tinja serta menurunkan tegangan antara dinding usus dan tinja sehingga buang air besar semakin lancar.

Olahraga

Perlu diketahui bahwa olahraga juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi susah buang air besar. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bahkan hanya sekedar bersih-bersih rumah. dengan olahraga, racun dalam tubuh bisa keluar lewat keringat.

Baca juga tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Nah itulah beberapa cara mudah mengatasi susah BAB setelah melahirkan yang bisa Anda coba.

loading...