Cara Mudah Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, seorang bayi masih mempunyai kondsi tubuh yang lemah dan sangat rentan terhadap penyakit. Sehingga sebagai orang tua Anda harus merawat bayi dengan baik dan benar. Selain memperhatikan kebersihan tubuh, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi si kecil. Karena kurangnya nutrisi pada bayi juga dapat menyebabkan bayi terserang suatu penyakit.

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh bayi adalah penyakit kuning atau yang biasa disebut dengan jaundice. Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan karena fungsi hati belum sempurna dalam menjalankan fungsinya, yaitu sebagai penghancur sel darah merah. Sehingga hal ini menyebabkan pembentukan bilirubin. Bilirubin itu sendiri merupakan pemecahan sel-sel darah merah yang telah tua dan sudah berubah menjadi pigmen warna kuning

penyakit kuning pada bayi

Pada bayi normal, kadar bilirubin adalah kurang dari 10 ml/liter, sedangkan seorang bayi yang mengalami penyakit kuning biasanya memiliki kadar bilirubin 15 hingga 25 ml/liter. Selain fungsi hati yang belum normal, penyakit kuning pada bayi juga dapat dipicu dari perbedaan golongan darah antara ibu dan anak serta ibu sering mengonsumsi jamu tradisional ketika hamil.

Meskipun merupakan salah satu penyakit yang wajar, akan tetapi jika tidak segera diatasi penyakit kuning dapat membayakan kesehatan bayi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengatasi  penyakit kuning pada bayi.

Inilah cara mengatasi penyakit kuning pada bayi

Memberikan ASI secara rutin

Untuk pertolongan pertama berikanlah anak Anda ASI sesering mungkin, yaitu setiap dua jam sekali. Hal ini sangat berguna agar bayi tidak dehidrasi dan cairan di dalam tubuh tetap terjaga. Cara yang satu ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi penyakit tersebut. Karena kandungan kolostrum pada ASI sangat berguna untuk memindahkan meconium yang mengandung bilirubin.

Menjemur bayi

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi selanjutnya adalah dengan cara menjemurnya. Waktu menjemur bayi yang baik adalah sekitar pukul 08.00 hingga pukul 09.00 pagi. Tak usah terlalu lama ketika menjemur bayi, yaitu hanya 30 atau maksimal 60 menit dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan kulit bayi  masih sensitif terhadap sinar matahari. Meskipun begitu, Anda juga harus menjemurnya tanpa menggunakan pakaian dan sebaiknya hindari terkena sinar matahari secara langsung pada bagian mata. Selain berguna untuk menurunkan kadar bilirubin, menjemur bayi setiap pagi secara rutin juga dapat menguatkan tulang.

Konsultasikan ke dokter

Seperti yang Anda ketahui, penyakit kuning pada umumnya ada dua jenis yaitu ikterus fisiologis (tidak berbahaya) dan ikterus patologis (berbahaya). Ikterus fisiologis memiliki ciri-ciri yaitu penyakit kuning tersebut timbul pada umur lebih dari 24 jam hingga kurang dari 14 hari dan warna kuningnya tidak sampai telapak tangan ataupun telapak kaki. Sedangkan ikterus patologis memiliki ciri yaitu penyakit kuning timbul pada hari pertama setelah dilahirkan dan penyakit tersebut lebih dari 14 hari, tinja berwarna pucat dan telapak tangan ataupun kaki berwarna kuning. Jika sudah begini pastikan Anda segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit kuning pada bayi.

Baca juga cara terbaik menaikkan berat badan bayi dengan cepat.

terms: cara mengatasi bayi kuning saat musim hujan, menjemur bayi saat mendung, agar mengurangi bilirubin bayi saat mendung, cara mengatasi bayi kuning karena cuaca mendung, mengatasi bayi kuning saat musim hujan