Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Pada umumnya sakit tenggorokan bukanlah suatu penyakit yang membahayakan karena penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika tidak segera di atasi sakit tenggorokan sangat mengganggu saat kita akan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan tenggorokan salah satunya yaitu makan, minum, berbicara dan juga bernyanyi. Biasanya sakit tenggorokan disebabkan karena infeksi virus dan juga serangan bakteri. Namun ada juga juga hal lain yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan seperti alergi, mengonsumsi alkohol berlebihan, penggunaan suara secara berlebihan, batuk dan juga mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu sakit tenggorokan.

Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Karena salah satu penyebab sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri, maka penyakit ini dapat menular melalui udara. Seseorang yang menderita sakit tenggorokan biasanya akan mengalami gejala seperti berikut ini:

  • Demam dan badan lemas
  • Suara menjadi serak
  • Otot leher terasa sakit dan kaku
  • Bau mulut
  • Sering pusing
  • Sakit saat menelan makanan dan minuman
  • Tonsil membesar

Berikut Cara Meredakan Sakit Tenggorokan yang Dapat Anda Coba

Minum Teh Hangat

Jika tenggorokan Anda terasa tidak nyaman, Anda dapat mengonsumsi teh hangat untuk mengatasinya. Cara meredakan sakit tenggorokan ini memberikan efek tenang pada tenggorokan Anda. Namun jika Anda tidak mempunyai teh herbal, Anda dapat mengonsumsi teh biasa. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh dapat membantu Anda untuk meredakan infeksi serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan madu karena manfaat madu bagi kesehatan tubuh sangat banyak.

Minum Madu dan Lemon

Madu merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya yaitu meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, madu juga dipercaya sebagai obat sariwan.  Seperti yang Anda ketahui madu memiliki kemampuan antibakteri yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan. Sementara lemon, sangat berguna untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan. Menggunakan kedua bahan alami ini sangat efektif untuk meredakan sakit tenggorokan yang Anda derita.

Minum Teh Jahe

Cara meredakan sakit tenggorokan selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Bumbu dapur ini dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan sejak zaman dahulu. Kandungan zingiberin pada jahe bermanfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu, jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk memerangi bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk membuat minuman ini caranya sangat mudah yaitu hanya mencampurkan beberapa ruas jahe yang sudah digeprek ke dalam secangkir teh hangat.

Selain mengonsumsi minuman di atas, Anda juga dapat mencoba cara lainnya yaitu berkumur dan meminum air garam. Sifat antiseptik pada garam bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit serta membersihkan lendir yang ada di dalam tenggorokan. Demikianlah ulasan tentang cara meredakan sakit tenggorokan secara alami yang dapat Anda coba.

Loading...