Cara Merawat Telinga

By Categories : Kesehatan

Telinga menjadi salah satu indera yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Tanpa indera tersebut, otomatis manusia tidak dapat mendengar lingkungan sekitar. Susunan telinga memiliki berbagai fungsi yang berbeda-beda, salah satunya adalah daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang diteruskan menuju bagian dalam telinga yang dikirimkan menuju ke otak. Sehingga otak akan merespon suara tersebut. Untuk itulah sebaiknya menjaga dan merawat kesehatan telinga diperlukan, lalu bagaimana saja cara merawat telinga yang baik? Simak ulasan berikut ini!

Cara Merawat Telinga

Cara Merawat Telinga

Jangan Terlalu Mengorek Telinga dengan Menggunakan Cotton Bud

Jika Anda terbiasa menggunakan cotton bud sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya. Hal ini dikarenakan bukannya dapat membersihkan kotoran telinga secara total, malah dapat menyebabkan kotoran pada telinga semakin masuk kedalam telinga. Telinga memiliki mekanisme sendiri dalam mengeluarkan kotoran telinga. Sebaiknya langkah yang Anda lakukan adalah membersihkan telinga dengan air bersih atau dengan uap air. Selain itu perhatikan dalam penggunaan cotton bud, jangan terlalu sering.

Perawatan Secara Berkala

Jika Anda mulai merasakan terdapat suatu hal yang tak beres terhadap telinga Anda, seperti terdapat suara atau bunyi di dalam telinga, atau hal semacamnya sebaiknya Anda berkonsultasi terhadap dokter spesialis THT. Hal ini juga berlaku dalam pembersihan telinga, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT paling tidak 6 atau satu tahun sekali. Selain dapat menjaga kebersihan, juga dapat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana kondisi telinga Anda. Baca juga Cara Mencegah Penyakit Stroke

Bijak dalam Penggunaan Earphone atau Headphone

Sebuah penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan earphone atau juga headphone dapat berakibat buruk untuk telinga, apalagi jika saat penggunaannya menggunakan suara yang melebihi batas normal. Sebaiknya Anda menggunakan earphone sesuai dengan batas suara yang ditentukan, saat ini sudah banyak smartphone yang akan memberi tahukan batas suara yang baik untuk didengarkan. Selain itu Anda juga bisa membatasi penggunaan earphone atau juga headphone maksimal 2 jam sehari. Pemakaian earphone yang terlalu sering dapat menghambat telinga dalam mengeluarkan kotoran.

Terdapat Infeksi Membutuhkan Perawatan Dokter

Terdapat 2 jenis infeksi biasanya terjadi pada telinga bagian luar dan telinga bagian dalam. Untuk bagian luar pada umumnya dapat disebabkan oleh air kotor dan menjadikan telinga menjadi bengkak. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diobati dengan cara menggunakan antibiotic. Sedangkan untuk telinga bagian dalam, biasanya dapat berdampak buruk pada bagian gendang telinga. Oleh karena itu usahakan untuk menggunakan resep obat tetes yang sudah diberikan dari dokter spesialis.

Menghindari Suara Terlalu Keras

Resiko kerusakan fungsi pada telinga dapat disebabkan juga karena suara yang terlalu keras. Hal ini dikarenakan suara bising atau terlalu keras dapat menyebabkan gendang telinga terganggu, akibatnya dapat mengurangi pendengaran. Oleh karena itu resiko hal ini dapat dirasakan bagi mereka yang bekerja seperti di kapal, bagian mesin pabrik, dan sebagainya.

Nah itulah beberapa cara merawat telinga, baca juga artikel lainnya Tips Membersihkan Telinga yang Aman.

loading...