Cara Merawat Tas Kulit Asli

By Categories : Tips

Pada pembahasan kemarin mengenai tips merawat sepatu kulit, pada pembahasan kali ini masih beralih cara merawat tas kulit asli. Seperti halnya pada sepatu berbahan kulit, tas dengan bahan kulit gampang-gampang susah dalam merawatnya. Tas berbahan kulit jelas berbeda dengan tas berbahan kain. Selain faktor harga yang membedakan, faktor kualitas juga turut membedakan.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, maka tas dengan bahan kulit dapat awet dan tahan lama. Perawatan tas kulit biasanya dilihat dari kondisinya apakah basah atau kering dari kotoran. Kedua hal tersebut memang hampir sama dengan pada tas berbahan kain, tetapi yang membedakan adalah cara penanganannya. Lalu bagaimana saja penanganannya? Simak ulasan di bawah ini!

Cara Merawat Tas Kulit Asli

Tips Merawat Tas Kulit Asli

Menghindari Minyak dan Air

Cara merawat tas kulit yang pertama adalah menghindari terkena minyak dan juga air. Sifat dari minyak dan air ini dapat merusak bahas dari tas situ sendiri. Namun bagaimana jika sudah terlanjur terkena air hujan? Jika terlanjur terkena air hujan, Anda dapat menjemurnya namun tidak terkena langsung sinar matahari, atau juga sekedar meng-angin-anginnya. Yang perlu diingat adalah Anda tak perlu terlalu lama dalam menjemurnya. Karena jika terlalu lama menjemurnya tas kulit akan pudar dan rusak.

Menjaga Kelembaban Tas

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menjaga kelembaban tas. Seperti halnya dengan sepatu berbahan kulit, tas berbahan kulit juga perlu dijaga dalam hal kelembaban. Seperti penjelasan di atas jangan sampai tas kulit terkena pancaran sinar matahari terlalu lama. Untuk penyimpanan Anda dapat menyimpannya di tempat yang teduh misal di dalam almari atau kotak dilengkapi dengan silica gel. Silika gel sendiri dapat menyerap kelembaban udara, dengan ini maka tas Anda dapat awet dan tetap bagus dalam hal kualitas. Seringkali tas kulit berjamur apabila disimpan sembarangan pada tempat yang lembab. Alternatif lainnya selain menggunakan silica gel adalah dengan membungkusnya dengan kertas koran.

Membersihkan Kotoran dengan Menggunakan Alkohol

Jika tas kulit Anda terkena kotoran atau noda, Anda dapat menggunakan alkohol atau juga baking soda untuk membantu pembersihannya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskan ke tas kulit, jika menggunakan baking soda terlebih dahulu encerkan dengan menggunakan air secukupnya. Setelah selesai dibersihkan pastikan bahwa permukaannya benar-benar kering agar tidak berjamur. Perlu diingat jangan menggunakan bahan pembersih yang berasal dari minyak bumi, silicon, dan juga minyak lainnya. Dasar dari minyak dapat mengurangi kualitas dari tas kulit itu sendiri.

Menggunakan Kain Halus saat Membersihkannya

Untuk membersihkan tas kulit jangan gunakan kain sembarangan, pilihlah kain dengan permukaan yang lembut. Permukaan kain lembut biasanya seperti kain microfiber, apa kain microfiber? Kain microfiber adalah kain yang biasanya digunakan untuk membersihkan kaca mata. Kain tersebut memang memiliki permukaan yang halus, dan dapat digunakan untuk membersihkan tas kulit Anda.

Menghindari Lipatan dan Tumpukan

Cara berikutnya untuk merawat tas kulit adalah dengan cara menghindari lipatan dan juga tumpukan pada tas. Lipatan dan juga tumpukan pada tas dapat merusak tas dengan merubah bentuk dari tas tersebut. Cara yang paling aman adalah dengan menggantungnya di dalam kain. Bungkus tas kulit Anda dengan menggunakan kain dan juga silica gel. Penggunaan kain dimaksudkan untuk menghindari debu, sedangkan untuk silica gel untuk menjaga kelembaban tas kulit.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat tas kulit asli yang dapat Anda jadikan referensi. Baca juga artikel lain Tips Memilih Jam Tangan Wanita sesuai Warna Kulit

terms: cara merawat tas kulit, cara membersihkan tas kulit, cara merawat tas kulit asli, tas kulit loc:ID, cara penggunaan tas kulit