Cara Merawat Smartphone Layar Sentuh Lebih Awet

By Categories : Teknologi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semakin banyak pengguna smartphone di kalangan masyarakat. Kini smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat adalah smartphone dengan jenis layar sentuh. Hampir semua jenis smartphone paling banyak peminatnya saat ini menggunakan teknologi layar sentuh. Dengan menggunakan teknologi tersebut membuat semakin mudah untuk digunakan, belum lagi fitur yang lebih fleksibel untuk digunakan.

Merawat Baterai Smartphone

Namun tahukah Anda bahwa smartphone dengan teknologi tersebut rawan rusak jika tidak mengetahui cara perawatannya? Masalah utama yang bisa timbul terhadap smartphone dengan layar sentuh adalah baterai lemot dan keyboard eror saat digunakan. Tentu sebagai pengguna tidak mau mengalami hal tersebut. Nah untuk itu bagi Anda yang ingin memiiki smartphone layar sentuh awet silahkan simak ulasannya di bawah ini!

Berikut adalah Cara Merawat Smartphone Layar Sentuh

Menjauhkan dari Benda yang Mengandung Medan Magnet

Cara merawat smartphone layar sentuh yang pertama adalah dengan menjauhkan dari benda yang mengandung medan magnet. Agar sensitivitas layar sentuh terjaga, usahakan untuk tidak meletakkan di benda yang memiliki gelombang magnetik. Adapun benda-benda tersebut di antaranya seperti kulkas, televisi, dan juga benda serupa lainnya. Radiasi medan magnet yang dihasilkan benda-benda tersebut akan mempengaruhi kualitas dan performa smartphone layar sentuh.

Menggunakan atau Memasang Pelindung Layar

Untuk yang satu ini wajib halnya bagi para pengguna smartphone jenis layar sentuh. Untuk pelindung layar seperti Gorilla Glass biasanya sudah tersematkan pada smartphone yang memiliki harga cukup mahal. Namun bagi smarphone yang belum tersedia antigores dari pabrikan, sebaiknya memasang sendiri untuk melindungi dari goresan. Anda dapat menggunakan tempered glas yang akan melindungi smartphone Anda dari goresan. Selain itu juga dapat melindungi dari debu, air, dan juga sinar matahari.

Jauhkan dari Pancaran Sinar Matahari dan Air Secara Langsung

Cara merawat smartphone layar sentuh berikutnya adalah dengan menjauhkan pancaran sinar matahari dan air secara langsung. Kedua hal tersebut memang kerap menjadi permasalahan yang bisa menimbulkan kerusakan pada semua jenis handphone, kecuali untuk handphone yang didesain dengan teknologi anti air. Bagi handphone yang tidak memiliki fitur tersebut sebaiknya jangan sampai terkena air atau pancaran sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.

Usahakan Jangan Sampai Jatuh

Tips berikutnya adalah jangan sampai smartphone terjatuh. Smartphone saat ini sangat rentan sekali terhadap yang namanya jatuh. Berbeda dengan handphone jaman dulu yang cukup kuat meskipun sudah terjatuh beberapa kali. Untuk smartphone dengan layar sentuh terlalu sering jatuh dapat menyebabkan kerusakan yang bisa mengakibatkan layar sentuh kurang responsive.

Membersihkan Layar Secara Berkala

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan layar secara berkala. Kotoran yang menumpuk akibat debu yang berterbangan dapat mempengaruhi sensitivitas dari layar sentuh. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan dengan kain yang memiliki permukaan halus.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara merawat smartphone layar sentuh yang dapat Anda ketahui agar lebih awet. Baca juga artikel terkait mengenai Penyebab smartphone Andoid lemot.

Loading...