Cara Merawat Sepatu Kulit

By Categories : Tips

Sepatu merupakan salah satu benda yang dapat mempengaruhi penampilah seseorang entah itu pria maupun wanita. Jenis sepatu yang Anda gunakan khususnya pria secara tidak langsung dapat mencerminkan diri dan karakter Anda. Pada umumnya sepatu yang banyak digemari pria dewasa adalah sepatu berbahan kulit. Sepatu berbahan kulit menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan pria dewasa.

Dari sisi luar menggunakan sepatu kulit terlihat mapan dan memiliki keuangan yang stabil, sedangkan untuk sisi dalam si pemakai terlihat lebih dewasa dan terlihat keren. Oleh sebab itu banyak pria dewasa yang ingin tampil rapi dan menarik ketika berada di depan publik dengan menggunakan sepatu kulit.

Namun asal Anda ketahui sepatu berbahan kulit akan sangat susah dibersihkan jika sudah kotor. Hal tersebut menjadi bumerang Anda sendiri, jika sepatu kulit kotor dan tidak terawat. Memang memiliki sepatu kulit gampang-gampang susah untuk merawatnya. Jika tidak pandai dalam merawatnya sepatu malah rusak, bahkan pudar warnanya sehingga kurang menarik untuk dilihat. Lalu bagaimana cara merawat sepatu kulit yang benar? Inilah langkah yang dapat Anda lakukan.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit

Mengenali jenis kulit sepatu yang Anda pakai. Langkah satu ini perlu Anda ketahui terlebih dahulun jenis kulit yang menjadi bahan pembuatan. Jika kulit tersebut memiiki kualitas yang baik, maka Anda dapat mudah untuk merawatnya. Biasanya sepatu dengan kualitas kulit yang bagus memiliki harga yang cukup mahal. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah perubahan cuaca, dan juga tingkat kelembaban.

Cara merawat sepatu kulit yang berikutnya adalah dengan cara menghindari udara yang terlalu lembab. Nah bagi Anda yang biasa menyimpan sepatu di rak sepatu sebaiknya jangan lakukan pada sepatu berbahan kulit. Untuk sepatu berbahan kulit ketika terkena udara lembab akan menyebabkan kulit menjadi lapuk, dan juga resiko tumbuhnya jamur. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menyimpannya di dalam kotak dengan silica gel di dalamnya. Silika gel berfungsi untuk menyerap udara lembab di dalam kotak,

Jangan sampai terkena air dalam kapasitas yang banyak. Terkena air dapat membuat sepatu kulit Anda rusak pelan tapi pasti. Oleh sebab itu ketika Anda mencucinya, sebaiknya jangan gunakan air terlalu banyak. Untuk menggosoknya sebaiknya menggunakan sikat khusus yang memang ditujukan untuk sepatu berbahan kulit dengan permukaan sikat yang halus. Baca juga Hadiah Valentine untuk Wanita

Keringkan dibawah sinar matahari. Setelah proses pencucian, Anda dapat mengeringkan sepatu kulit Anda di bawah terik sinar matahari. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama menjemur di bawah sinar matahari, karena jika terlalu lama akan menyebabkan sepatu rusak dalam jangka panjang. Keringkan dalam beberapa jam saja, setelah itu gunakan lap dengan permukaan lembut dan halus sampai benar-benar kering. Selain itu Anda juga dapat meng-angin-anginkan saja, untuk benar-benar sepatu menjadi kering.

Jangan menunggu lama, jika sepatu terkena kotoran. Sepatu kulit memang rawan terkena kotoran, karena jika terkena kotoran seperti lumpur dan Anda biarkan dalam jangka waktu yang cukup lama akan susah untuk dibersihkan. Oleh sebab itu sebaiknya langsung bersihkan dengan air, dan menggosoknya dengan sikat yang memiliki permukaan halus. Setalah sudah kemudian barulah Anda jemur sementara agar benar-benar kering.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat sepatu kulit yang dapat Anda lakukan agar sepatu awet dan tahan lama. Baca juga artikel Tempat Wisata di Malang