Cara Merawat Rambut Ikal Agar Mudah Diatur

By Categories : Wanita

Setiap orang pastinya ingin memiliki rambut yang sehat, lurus dan mudah diatur. Akan tetapi tidak semua orang mendapatkan hal tersebut. Ada juga seseorang yang memiliki rambut ikal atau keriting, seseorang yang memiliki rambut ikal cenderung tidak percaya diri dalam setiap penampilannya. Hal ini dikarenakan rambut ikal biasanya susah diatur sehingga hal ini menyebabkan penampilan seseorang terlihat tidak menarik.

Cara Merawat Rambut Ikal

Akan tetapi penataan dan perawatan yang tepat bagi rambut ikal juga dapat membuat penampilan Anda semakin menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara merawat rambut ikal agar mudah diatur yang dapat Anda coba.

Tips merawat rambut ikal agar tidak mengembang

Gunakan shampoo dan conditioner

Tips yang pertama adalah dengan cara menggunakan shampoo dan conditioner seletah keramas. Sebaiknya pilihlah shampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda, jika Anda memiliki jenis rambut berketombe, shampoo dengan kandungan selenium sulfida ataupun zinc sangat cocok bagi Anda. Conditioner berguna untuk melembabkan dan melembutkan rambut Anda. Caranya pun sangat mudah yaitu aplikasikan conditioner pada bagian tengah hingga ujung rambut. Diamkan beberapa menit sambil disisir dengan menggunakan sisir bergigi jarang ataupun hanya dengan menggunakan jari.

Potongan rambut yang sesuai

Cara merawat rambut ikal yang kedua adalah dengan cara memilih potongan rambut yang sesuai. Semakin panjang rambut ikal yang Anda miliki semakin sulit pula dalam mengaturnya. Oleh karena itu, pemilihan potongan rambut yang tepat akan dapat membantu untuk merawat rambut Anda. Jika Anda memilki rambut ikal, potongan rambut layer sangat cocok bagi Anda.

Menyisir rambut secara teratur

Seperti yang Anda ketahui menyisir rambut dalam keadaan basah dapat membuat rambut mudah patah dan rontok. Akan tetapi jika rambut ikal disisir dalam keadaan rambut kering, ini akan membuat rambut mengembang, mekar dan sangat sulit untuk diatur. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan leave in conditioner jika akan menyisir rambut dalam kondisi kering, hal ini akan lebih aman daripada menyisir rambut dalam keadaan basah.

Gunakan minyak zaitun

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun. Selain dapat digunakan untuk merawat kecantikan wajah, minyak zaitun juga dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Kandungan zat dan nutrisi pada nutrisi berguna untuk melembutkan, menghaluskan dan memperbaiki rambut jika terjadi kerusakan. Penggunaan minyak zaitun secara teratur tidak memiliki efek samping yang dapat merusak rambut. Hal ini karena minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Caranya, oleskan minyak zaitun pada rambut, diamkan beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Nah itulah beberapa cara merawat rambut ikal secara alami yang dapat Anda coba.