Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok

By Categories : Kesehatan

Rambut berminyak dan mudah rontok menjadi permasalahan yang sering dialami kebanyakan orang. Berbagai cara dilakukan untuk merawat dan mengatasi rambut berminyak dan mudah rontok. Pasalnya rambut berminyak akan terasa sulit untuk ditata dan beresiko munculnya ketombe pada rambut jika tidak diberikan perhatian secara serius.

Cara Merawat Rambut Berminyak

Meskipun begitu mencuci rambut dengan shampoo setiap hari memang kurang disarankan untuk hal kesehatan rambut. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut berminyak dan rontok? Di bawah ini terdapat beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk tipe rambut berminyak dan mudah rontok.

Berikut Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok

Hindari Penggunaan Gel

Cara merawat rambut berminyak yang pertama adalah dengan menghindari gel rambut. Untuk jenis rambut berminyak sebaiknya kurangi bahkan hindari penggunaan gel untuk rambut. Pasalnya gel untuk rambut malah justru membuat rambut semakin berminyak dan akan terlihat kusam.

Gunakan Kondisioner pada Rambut Saja

Cara merawat yang kedua adalalah dengan menggunakan kondisioner khusus pada rambut. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan kondisioner ini adalah dengan memfokuskan pada ujung rambut, dan hindari dari akar rambut.

Gunakan Shampoo Ringan

Shampo untuk bayi atau shampoo dengan bahan yang aman untuk rambut dapat menjadi alternatif dalam merawat rambut berminyak dan mudah rontok. Perlu diketahui ketika menggunakan shampoo sebaiknya membilas dengan menggunakan air dingin segar. Ini dikarenakan untuk air hangat justru akan membuat rambut mudah lepek dan berminyak. Keramas dengan shampoo dapat dilakukan 2 hari sekali.

Menggunakan Jeruk Nipis

Cara alami untuk merawat rambut berminyak ini dapat Anda lakukan dengan cara menggunakan sari dari jeruk nipis yang sudah peras lalu mencampurkannya dengan sedikit cuka dan air. Setelah bahan tercampur oleskan pada bagian rambut secara perlahan. Hal ini berguna untuk mengurangi kadar minyak pada rambut yang berlebihan yang menjadi penyebab terlihat kusam dan mudah rontok.

Jangan Terlalu Kasar saat Menyisir

Cara merawat rambut berminyak berikutnya adalah jangan terlalu kasar ketika menyisir. Ketika Anda setelah keramas, sebaiknya jangan terlalu kasar menyisir atau juga jangan terlalu kasar saat menggosok dengan handuk. Jika ini dilakukan akan menyebabkan kelenjar sekresi akan terus memproduksi minyak yang berlebih. Hal ini akan memicu rambut mudah berketombe, terlihat kusam dan mudah rontok.

Menggunakan Minyak Alami

Selain menggunakan jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan minyak alami untuk merawat jenis rambut berminyak. Minyak alami yang dapat Anda gunakan seperti minyak jojoba atau bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa hangat yang sudah dipanaskan beberapa menit. Setelah siap barulah oleskan pada rambut sambil memijat secara perlahan. Setelah beberapa menit bilas dengan menggunakan air bersih segar untuk menghilangkan sisa minyak yang menempel.

Nah itulah tadi beberapa cara merawat rambut berminyak dan rontok yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Penyebab dan cara mengatasi rambut ubanan.