Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

By Categories : Wanita

Memakai hijab setiap hari pastinya dapat membuat rambut lembab, berketombe dan juga mudah rontok. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita berhijab dalam merawat rambut agar tetap sehat. Ini karena meskipun telah berhijab, rambut masih tetap bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Seperti yang Anda ketahui perawatan rambut yang tertutup hijab dengan rambut terbuka pastinya sangat berbeda. Lantas bagaimana cara merawat rambut bagi wanita berhijab agar tetap sehat? Berikut ulasannya!

Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Pilih Bahan Hijab

Tips yang pertama adalah memilih bahan hijab yang Anda gunakan. Perubahan musim yang tak menentu menyarankan Anda agar pintar dalam memilih bahan hijab. Saat cuaca panas Anda dapat memilih hijab dengan bahan katun, kaos ataupun bahan lainnya yang sejuk. Sirkulasi udara pada rambut yang lancar akan membuat rambut Anda tidak cepat berkeringat dan lepek.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Cara merawat rambut bagi wanita berhijab berikutnya adalah hindarilah mengikat rambut terlalu kuat. Mengikat rambut terlalu kuat dapat merusak rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang panjang, Anda dapat mengikatnya dalam kondisi renggang dan tentunya dengan menggunakan ikat rambut yang lembut. Hindari ikat rambut karet gelang, karena selain dapat membuat rambut rusak mengikat rambut terlalu kuat juga dapat menimbulkan rasa pusing di kepala.

Keramas Dengan Teratur

Meskipun berhijab, membersihkan rambut dengan berkeramas adalah hal penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Pilihlah shampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda agar tidak menyebabkan masalah pada rambut. Dan keramaslah secara teratur setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Hindari Menggunakan Hijab Saat Rambut Basah

Biasanya seorang wanita berhijab yang tidak sempat mengeringkan rambut pastinya akan mengenakan hijab dengan kondisi rambut yang masih basah. Jika selalu dilakukan, hal ini dapat menyebabkan ketombe, gatal pada kulit kepala, bau apek dan juga kerontokan rambut. Olah karena itu, sebelum mengenak hijab sebaiknya Anda selalu mengeringkan rambut Anda. Jika tak punya waktu Anda dapat melakukan cara yang praktis dengan menggunakan hairdryer.

Istirahatkan Rambut

Ketika di rumah, Anda bisa mengistirahatkan rambut Anda dengan cara menggerainya. Hal ini bertujuan agar rambut Anda dapat bernapas, sehingga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan juga segar. Cara ini pun sangat efektif untuk mengurangi masalah pada rambut seperti kerontokan dan ketombe.

Menggunakan Bahan Alami

Saat memiliki waktu luang, tidak ada salahnya Anda memanjakan rambut dengan cara menutrisi rambut menggunakan masker. Pilihlah bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun dan masker buah lainnya yang dapat Anda gunakan untuk perawatan dari luar. Sedangkan untuk perawatan dari dalam, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan juga protein.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat rambut bagi wanita berhijab yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya Tips mengatasi rambut ubanan.