Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula

By Categories : Tips

Landak mini merupakan salah satu hewan mamalia lucu, imut, dan menggemaskan. Tak heran jika landak mini kerap menjadi hewan peliharaan layaknya hamster maupun kelinci. Bagi para pecinta binatang landak mini memiliki keunikan tersendiri dengan hewan lain pada umumnya. Untuk memelihara landak mini perlu memperhatikan bagaimana saja cara yang dibutuhkan mengingat hewan mungil ini dapat terserang penyakit layaknya hewan pada umumnya.

Cara Merawat Landak Mini

Landak mini tergolong sebagai hewan nocturnal yang disebut sebagai hewan yang aktif ketika malam hari. Umur landak mini pada umumnya adalah 6 sampai dengan 10 tahun, tergantung dengan cara perawatan dilakukan. Bagi para pemula yang akan memelihara landak mini, sebaiknya perhatikan beberapa cara di bawah ini yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Berikut Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula

Perhatikan Ukuran Kandang

Seperti halnya dnegan hewa-hewan peliharaan lain, ukuran kandang pada landak mini juga perlu diperhatikan. Untuk kandang Anda bisa memberikannya aquarium, ataupun kandang yang terbuat dari logam. Untuk ukuran kandang sebaiknya dibuat dengan ukuran yang lebih besar, agar si landak mini bisa lebih leluasa dan terhindar dari stress. Perhatikan tinggi kandang yakni minimal sekitar 30 cm agar si landak tak dapat memanjat.
Untuk alas berikan serbuk kayu agar nyaman dan hangat bagi landak mini. Sebagai tambahan Anda juga bisa memberikan beberapa mainan yang bisa dibeli di toko hewan seperti tempat kecil untuk bersembunyi dan beberapa mainan khusus untuk hewan mungil.

Jaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang menjadi prioritas ketika memelihara landak mini. Dengan kondisi dan keadaan kandang yang bersih mampu membantu mengurangi resiko bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan mungil ini. Untuk membersihkan kandang dapat dilakukan seminggu sekali atau 4 hari sekali. Selain itu perhatikan suhu agar tetap hangat, sehingga nyaman bagi landak mini.

Perhatikan Makanan yang Diberikan

Cara merawat landak mini selanjutnya adalah perhatikan makanan yang diberikan. Landak mini tidak boleh diberikan makanan sembarangan karena landak mini termasuk sebagai hewan pemakan serangga. Meskipun begitu Anda tak perlu khawatir, karena hewan mungil ini dapat Anda berikan makanan khusus seperti biskuit, makanan untuk kucing, dan jangan lupa berikan beberapa ulat seperti ulat jerman, ulat hongkong, dan beberapa jenis serangga lainnya. Untuk minum, Anda bisa memberikannya dengan menyediakan tempat khusus untuk minum.

Merawat Landak dengan membersihkannya

Landak mini dapat dibersihkan badannya dengan cara dimandikan secara perlahan. Cara memandikan hewan mungil ini tidak sembarangan, namun cukup mudah yakni hanya dengan menyikat secara perlahan dan memberikan shampoo bayi secukupnya saja. Landak mini dapat berenang, oleh karena itu jangan terlalu khawatir akan tenggelam. Setelah memandikannya jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan kain halus.

Nah itulah tadi beberapa cara merawat landak mini untuk pemula, perawatan yang cukup mudah asalkan tetap menjaga kebersihan. Baca juga artikel mengenai Tips memelihara kenari untuk pemula.

loading...
terms: cara merawat landak mini, cara memelihara landak mini, cara merawat landak mini untuk pemula, landak mini, cara Memelihara landak mini untuk pemula, cara perawatan landak mini, resiko memelihara landak mini, cara pelihara landak mini, cara merawat landak, cara merawat landakmini, cara pemeliharaan landak mini, Cara merawat lan