Cara Merawat Kucing Maine Coon yang Tepat dan Benar

By Categories : Tips

Kucing Maine Coon atau yang biasa disebut sebagai American Longhair adalah salah satu ras kucing tertua yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini juga dipercaya sebagai nenek moyang dari ras kucing anggora dan norwegian. Umumnya cara merawat kucing yang satu ini dapat dikatakan susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan kucing ini sangatlah atraktif dan agresif. Maka banyak sekali seseorang yang memelihara Maine Coon merasa kewalahan dalam merawatnya.

Kucing Maine Coon

Meskipun begitu kucing ini sangat terkenal dengan karakternya yang cerdas, ramah dan manis. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu binatang peliharaan. Jika dilihat secara fisik Maine Coon juga sangat dikagumi dan disenangi para pecinta binatang. Kucing ini juga terpilih sebagai salah satu jenis kucing peliharaan terbaik dalam kontes yang diselenggarakan di Amerika Serikat.

Bagi Anda yang memelihara Maine Coon namun masih bingung dengan bagaimana cara merawatnya, jangan khawatir berikut adalah cara merawat kucing Maine Coon yang tepat dan benar.

Inilah tips merawat Maine Coon yang tepat

Pemberian makan

Hindari pemberian makanan yang berlebihan kepada kucing Anda. Pastikan Anda selalu memberikan takaran yang pas dan usahakan salam sekali makan. Ini berguna agar makanan selanjutnya masih dalam kondisi yang fresh dan batu. Selain itu hal ini juga dapat menghindari resiko obesitas. Makanan kering yang Anda berikan juga dapat membantu membersihkan gigi kucing. Tidak disarankan untuk menggunakan peralatan makan plastik. Karena ini dapat membuat bakteri berkembang biak lebih cepat.

Mandikan kucing secara teratur

Yang kedua adalah mandikan kucing secara teratur setidaknya  3 ali dalam satu bulan dengan menggunakan shampoo khusus kucing yang memiliki ph rendah. Selain itu Anda juga harus rutin menyisir bulu kucing dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan Maine Coon memiliki bulu yang sangat tebal sehingga perlu dilakukannya penyisiran agar bulu lebih teratur. Tak hanya itu saja penyisiran juga bermanfaat agar bulu yang rontok tidak terjilat oleh kucing.

Lakukan vaksinasi

Cara merawat kucing maine coon selanjutnya adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi yang dilakukan sangatlah wajib. Karena vaksinasi sangat berguna untuk membuat kucing memiliki sistem kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari segala macam penyakit.

Perhatikan suhu ruangan dan kandang kucing

Berikutnya adalah dengan cara memperhatikan suhu ruangan dan kandang kucing. Pastikan Anda menempatkan kucing di tempat yang sejuk. Karena jika kucing kepanasan ini akan membuatnya menjadi stres. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kandang kucing. Pilihlah kandang kucing dengan ukuran yang besar dan lebar, karena kucing jenis ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Biasanya kucing ini juga sangat senang bermain, oleh karena itu Anda juga harus menyediakan  ruangan khusus untuk kucing bermain.

Nah itulah beberapa cara merawat kucing maine coon yang benar dan tepat.

loading...
terms: cara merawat kucing maine conne, cara merawat kucing maine coon yang agresif, cara pemeliharaan kucing maine coon, jenis kucing maine coon, kucing hias menkun