Cara Merawat Kucing Anggora yang Harus Diketahui

By Categories : Umum

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari banyak orang. Alasan banyak orang menyukai kucing adalah sifatnya yang lucu, dan juga jinak. Terdapat banyak tipe kucing yang biasa dipelihara kebanyakan orang antara lain seperti jenis kucing Persia, kucing kampung, dan kucing anggora. Pada pembahasan kali ini menyangkut mengenai kucing anggora dan bagaimana cara perawatannya.

Kucing anggora sendiri merupakan kucing yang memiliki bulu panjang dengan ekor yang mekar. Kucing anggora berbeda dengan kucing biasa pada umumnya. Perlu perawatan dan perhatian khusus agar bulu si kucing nampak tetap indah dan bulunya tidak mengalami kerontokan. Kucing anggora memang tidak selincah kucing biasanya, arena mengingat kucing ini adalah kucing hias. Bagi Anda yang memiliki kucing anggora, tidak ada salahnya jika melihat beberapa cara perawatan pada kucing lucu dan menggemaskan tersebut!

Kucing Anggora

Berikut Cara Merawat Kucing Anggora

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adlaah dengan menyisir bulu-bulu kucing setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan buli kucing dari ancaman kutu. Biasanya menyisir bulu dilakukan setelah memandikan kucing dengan menggunakan shampoo khusus untuk kucing. Di samping menghindarkan dari kutu, menyisir bulu kucing juga bertujuan untuk menghidarkan bulu-bulu mati agar tidak menempel pada bulu hidup.

Cara berikutnya yang harus diperhatikan dalam memelihara kucing adalah jangan lupa untuk memandikan si kucing. Memandikan kucing sangat penting untuk menghindari kuman yang bisa menyebabkan penyakit pada kucing. Anda dapat memandikan kucing secara berkala misal saja satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Memandikan kucing sebaiknya harus melihat waktu yang tepat seperti pada saat cuaca cerah di pagi hari dan saat kondisi kucing fit. Perlu diingat bahwa memandikan kucing terlalu sering dapat berakibat buruk pada kondisi bulu kucing dan beresiko jelek untuk tampilan bulu si kucing.

Kondisi kandang menjadi cara berikutnya yang perlu diketahui untuk merawat kucing anggora. Berilah kandang bersih dan terawatt untuk kucing. Selain itu ukuran kandang juga perlu diperhatikan sesuai dengan kondisi tubuh kucing. Kandang yang bersih dapat menghindarkan resiko dari rasa stress dan ancaman penyakit.

Memperhatikan kondisi kesehatan kucing anggora Anda. Untuk masalah kesehatan yang perlu diperhatikan adalah pemberian vaksin untuk hewan, pembersihan kuku, telinga, dan bagian tubuh si kucing lainnya. Di samping itu jangan lupa juga mengajak si kucing untuk bermain agar kucing tidak pasif dan tampil aktif.

Memberikan makanan dan minuman untuk pagi, siang, dan sore. Seperti halnya dengan manusia pemberian makan dan minum untuk kucing 3 kali dalam sehari. Agar si kucing sehat, Anda dapat memberikan makan berupa makanan khusus kucing yang bisa dibeli di toko hewan atau supermarket terdekat. Biasanya makanan untuk kucing sudah memiliki kandungan gizi tersendiri. Yang perlu diingat adalah jangan memberi ikan beserta durinya , karena tidak semua kucing anggora cocok dengan semua ikan.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara merawat kucing anggora yang perlu diketahui.