Cara Merawat Komputer Agar Awet

By Categories : Umum

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran dari komputer sangat membantu pekerjaan manusia. Komputer sering digunakan oleh banyak orang untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti proses pengetikan, menyelesaikan tugas kuliah, bermain game, dan banyak lagi. Sebagai penunjang aktivitas, hampir setiap orang memiliki komputer di rumahnya.

Namun, perlu Anda ketahui jika komputer juga memerlukan perawatan agar komponen di dalamnya awet dan tidak cepat rusak. Hal tersebut berguna untuk menghindari komponen agar tidak mengalami masalah yang dapat menyebabkan kinerja menjadi lemot, atau mati secara tiba-tiba. Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat komputer agar awet dan tahan lama? Yuk ikuti pembahasan yang satu ini!

 Cara Merawat Komputer

Berikut Cara Merawat Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Membersihkan Komponen Hardware

Salah satu cara merawat komputer adalah dengan cara menjaga kebersihan hardware pada komputer. Cara ini bisa dilakukan dengan membersihkan mulai dari monitor, keyboard, serta untuk bagian dalam seperti RAM, Power Supply, Motherboard, dan banyak lagi. Lakukan pembersihan dengan membongkar CPU secara berkala. Gunakan kuas dan kain dengan permukaan halus saat membersihkan. Biasanya ketika sudah lama debu akan menumpuk, kotoran itulah yang menyebabkan komputer cepat panas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sejumlah komponen.

Menggunakan Antivirus

Penggunaan antivirus merupakan wajib untuk setiap pengguna komputer maupun gadget. Peran antivirus ini sangat penting guna menghindari resiko dari infeksi malware, virus, dan sejenisnya yang bisa menyebabkan komputer lemot. Infeksi yang disebabkan oleh virus dapat berasal dari flashdisk tanpa discan antivirus, akses internet, sampai dengan mengunduh aplikasi sembarangan. Gunakan antivirus yang memiliki kualitas baik seperti Avira, Avast, ESET NOD, Bit Defender, dan lain-lain. Setelah memasang antivirus pada komputer jangan lupa untuk meng-update secara berkala untuk mendapatkan data baru.

Menjauhkan Benda dengan Gelombang Elektromagnetik

Cara merawat komputer agar awet berikutnya adalah menjauhkan benda yang memiliki gelombang elektromagnetik dari komputer. Adapun benda-benda tersebut seperti magnet, handphone, dan laptop. Benda-benda tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen komputer. Jika komponen di dalam CPU terganggu, secara otomatis kinerja dari komputer tersebut juga akan terganggu.

Menjaga Tegangan Arus Listrik

Bagi Anda yang berada di wilayah dengan tegangan arus listrik tidak stabil, sebaiknya harus menggunakan stabilizer sebagai alat untuk menjaga tekanan arus listrik. Untuk menghidupkan komputer sebaiknya dilakukan satu per satu mulai dari menghidupkan monitor terlebih dahulu, barulah CPU. Yang perlu diingat adalah jangan mematikan komputer dengan mencabut saklar langsung, karena hal tersebut bisa memicu kerusakan jika terus dilakukan.

Mematikan Komputer Sesuai Prosedur

Mematikan sesuai prosedur merupakan cara merawat berikutnya yang bisa diperhatikan. Sebagian orang biasanya mematikan langsung dengan alasan cepat-cepat. Padahal secara tidak langsung, hal tersebut dapat memicu kerusakan pada komputer. Untuk itu mematikan komputer sesuai prosedur perlu dilakukan setelah penggunaan berlangsung.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat komputer agar awet yang bisa Anda ketahui. Baca juga Tips memilih kamera digital.