Cara Merawat Burung Kacer agar Cepat Berkicau

By Categories : Tips

Memelihara burung sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang. Terdapat banyak keuntungan dari memelihara burung. Kicauan burung menjadi salah satu alasan kebanyakan orang untuk memeliharanya. Banyak jenis burung yang memiliki kicauan suara merdu dan indah. Salah satu jenis burung tersebut adalah burung kacer.

Jenis kacer yang banyak dipelihara orang adalah kacer hitam dengan nama ilmiah Copsychus sechellarum, kacer poci (Copsychus saularis), serta kacer madagaskar (Copsychus albospecularis). Burung kacer tersebar di benua Asia termasuk Indonesia. Ciri khas dari burung ini adalah warna tubuh yang indah serta ditambah dengan suara yang keras serta merdu.

Burung Kacer

Sama halnya dengan merawat jenis burung lainnya, dalam memelihara burung kacer juga memerlukan perhatian. Nah pada kesempatan kali ini terdapat beberapa cara merawat kacer agar cepat berkicau. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Merawat Kacer agar Cepat Berkicau

Tentukan Jenis Kelamin Burung

Cara yang pertama adalah dengan menentukan jenis kelamin burung. Pasalnya antara burung kacer jantan dan betina memiliki perbedaan salah satunya adalah kicauan yang dimilki. Untuk Anda yang menginginkan kicauan merdu dan keras sebaiknya memilih kacer dengan kelamin jantan. Untuk kacer jantan biasanya memiliki perbedaan khusus dengan kacer betina. Perbedaan tersebut seperti warna bulu cenderung hitam mengkilap, memiliki postur lebih besar dan lebih panjang, kacer jantan lebih cepat berkicau, serta lebih gesit dan agresif.

Kebersihan Kandang

Cara merawat kacer berikutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang. Seperti merawat jenis burung lainnya. Untuk proses pembersihan kandang sebaiknya dilakukan satu hari sekali pada pagi hari. Membersihkan kandang dilakukan secara menyeluruh meliputi tempat minum burung, tempat pakan burung, serta kandang burung. Setelah membersihkan ganti air minum yang baru dengan air yang telah dimasak. Baca Tips Merawat Burung Love Bird bagi Pemula

Pemandian dan Proses Penjemuran

Cara berikutnya adalah proses pemandian dan penjemuran. Kedua proses ini dilakukan setelah membersihkan kandang burung. Untuk proses pemandian cukup menyemprotkan air dengan spray. Sementara untuk penjemuran cukup 30 menit sampai 1 jam dikisaran pukul 7 sampai pukul 9 pagi.

Pemberian Pakan

Burung kacer dapat diberikan pakan berupa makanan ekstra seperti ulat kandang, ulat hongkong, cacing, kroto, jangkrik, serta belalang. Untuk proses pemberian makan pada pagi hari dan sore hari. Pemberian pakat berkualitas juga mempengaruhi cepat atau tidaknya si burung berkicau. Sebagai contoh Anda dapat memberikan pakan 2 sampai 3 jangkrik dengan ukuran kecil pada pagi hari.

Proses Pemasteran

Yang terakhir adalah proses pemasteran yang akan melatih burung agar cepat berkicau. Pemasteran dilakukan dengan suara mp3 melalui ponsel. Untuk pemasteran suara dapat diberikan suara burung lain dalam bentuk mp3. Anda dapat memberikan masteran pada pagi hari sampai sore yakni pada pukul 10 sampai 3 sore. Untuk hasil yang lebih maksimal, selama proses pemasteran sebaiknya sangkar dalam keadaan dikerodong.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara merawat kacer agar cepat berkicau yang dapat Anda coba. Dan berikut ini adalah jenis burung kacer yang ada di Indonesia.

Jenis Burung Kacer Paling Populer

Kacer Poci

Jenis burung kacer ini bernama latin copsychus saularis dan merupakan salah satu jenis burung kacer yang memiliki perawakan serta kicauan gacor ngobra mengagumkan. Kacer poci atau sekoci ini juga dikenal sebagai kacer sumatera yang memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Burung ini memiliki kombinasi warna hitam dan putih  pada tubuhnya. Bagian dada berwarna putih, sedangkan punggung danbola matanya berwana hitam. Selain itu bagian sayap juga memiliki perpaduan warna hitam dan putih.

Kacer Lokal

Kacer lokal atau kacer jawa merupakan jenis burung yang masuk dalam keluarga muscicapidae yang cukup menarik. Burung ini bernama latin copsychus sechellarum memiliki warna yang sangat menarik yakni warna hitam di seluruh tubuhnya dan sedikit warna putih di bagian sayapnya. Selain itu, yang menarik dari jenis kacer ini adalah mampu menirukan ritme kicauan dari jenis burung lain.

Kacer Madagaskar

Keacer jenis ini sedikit berbeda karena berasal dari benua Afrika. Jika dilihat sekilas, kacer jenis ini hampir mirip dengan kacer pada umumnya. Namun jika Anda memperhatikan secara seksama maka bulu dari kacer madagaskar terlihat sedikit kebiru-biruan, terlebih lagi saat terkena sinar matahari.

Kacer Kalimantan

Terdapat berbagai ras kacer kalimantan mulai dari ras copsychus solaris musicus, pluto, dan adamsi. Ras pertama memiliki warna yang dominan hitam dan putih pada bagian pantat. Ras kedua memiliki bulu berwarna hitam pekat dan sedikit warna putih. Wilayah penyabaran burung kacer jenis ini hampir di semua pulau di Indonesia, namun yang paling dominan berasal dari Kalimantan. Sehingga banyak yang menyebutnya kacer kalimantan.

Baca Cara Memelihara Burung Pleci agar Cepat Gacor