Cara Merawat Ikan Mas Koki di Aquarium dengan Mudah

By Categories : Umum

Bagi penggemar ikan hias, ikan mas koki tentu saja salah satu jenis ikan hias yang paling dicari. Banyak sekali orang yang mengeluhkan tentang sulitnya merawat ikan hias ini. Memang benar atas presepsi tersebut. Namun ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk merawat ikan mas ini. Selain memiliki bentuk dan corak warna yang sangat indah, salah satu ciri khas dari ikan koki adalah sangat rawan terhadap kandungan amonia yang terlarut dalam air. Hal inilah yang menyebabkan ikan koki sering mati. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah yang satu ini, yaitu:

  1. Menumbuhkan lumut air dalam aquarium untuk menyerap berbagai macam zat yang dapat meracuni ikan koki.
  2. Selalu mengganti air dan menetralisir kandungan bahan kimia dengan menggunakan biofiltrasi.

Lalu bagaimana cara merawatnya? Berikut adalah cara merawat ikan mas koki dengan mudah yang bisa Anda coba.

koki

Cara mudah merawat ikan koki di dalam aquarium

Perhatikan gelembung udara

Seperti yang Anda ketahui ikan mas koki sangat menyukai gelembung. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyediakan pump untuk menghasilkan udara di dalam aquarium. Jika Anda menggunakan hiasan dan alas di aquarium, seperti batu dan pasir, cucilah terlebih dahulu benda-benda tersebut agar air tidak keruh.

Perhatikan biofiltrasi

Yang kedua adalah dengan cara memperhatikan biofiltrasi. Fungsi utama dari hal ini adalah untuk melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya. Bagi Anda yang malas menguras air aquarium, hal ini merupakan salah satu hal yang pas untuk diterapkan. Karena tidak membutuhkan pengurasan air yang terlalu sering. Namun salah satu kelemahan dari hal ini adalah air yang tidak sering dikuras dapat mengakibatkan zat ataupun mineral yang dibutuhkan ikan semakin berkurang. Zat dan mineral yang kurang juga dapat menyebabkan warna ikan kurang cerah.

Kuras aquarium secara berkala

Cara merawat ikan mas koki berikutnya adalah dengan menguras air aquarium secara teratur dan berkala. Pada saat menguras aquarium, ambilah terlebih dahulu kira-kira satu gayung air yang ada di dalam aquarium, setelah itu ambil ikan koki dengan menggunakan jaring atau jala dan letakkan ikan tersebut di air yang ada di gayung. Lalu bersihkan aquarium dengan spon atau sikat pembersih. Jika sudah isi aquarium dengan air yang batu lalu masukkan ikan koki dengan air air yang ada di gayung tersebut. Hal ini bertujuan agar ikan tidak stres dan bisa beradaptasi kembali.

Beri makan secara teratur

Cara selanjutnya adalah dengan memberi makan ikan secara teratur. Jangan terlalu banyak dan berlebihan ketika memberi makan ikan koki pastikan Anda menyesuaikannya dengan jumlah ikan. Hal ini berguna agar ikan lebih agresif dan lincah.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat ikan mas koki dengan tepat. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan mas koki, Anda harus tentukan terlebih dahulu jenis ikan mas koko yang Anda pelihara. Hal ini karena ada berbagai macam jenis ikan hias ini. Untuk mengetahuinya, berikut jenis-jenis ikan mas koki yang dapat Anda pelihara.

Jenis-jenis ikan mas koki

  • Wakin

Jenis mas koki ini sangat populer di Jepang. Disebut wakin karena ikan ini belum banyak mengalamai perubahan dari bantuk ikan karper krusian yang merupakan cikal-bakal koki. Jika karper memiliki bentuk yang panjang, maka wakin cenderung memiliki bentuk tubuh bundar. Panjang tubuhnya dapat mencapai 17-20 cm.

  • Fantail

Fantail menduduki peringkat kedua di Jepang sebagai ikan hias terpopuler. Tubuhnya memiliki ekor kembar yang memekar dan memiliki bentuk bulat seperti telur. Ikan mas koki jenis dantail memiliki sirip punggung yang bentuknya tegak.

  • Veitail

Koki jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan fantail yakni memiliki sirip sebanyak 6 buah. Sirip-sirip tersebut berukuran panjang dan memiliki bentuk tubuh yang bulat dan cenderung gemuk. Jenis ikan ini cukup lamban saat bergerak dengan sirip-sirip yang indah.

  • Oranda

Bentuk tubuh oranda hampir mirip dengan fantail. Sirip tubuh oranda cukup panjang dengan ciri khas mahkota di kepalanya.

  • Lionhead

Ciri khas jenis ikan mas koki ini adalah tidak memiliki sirip di bagian punggungnya.  Lionhead hanya memiliki 5 buah sirip dengan bentuk tubuh yang pendek. Banyak yang menganggap jika bentuk tubuh lionhead seperti telur. Punggungnya cenderung cembung dan melengkung di bagian ekornya. Sirip bagian dada dan perut terlihat lebih pendek dan kecil. Sedangkan ekornya cenderung mekar.

  • Sisik Mutiara

Jika dilihat secara umum, jenis ikan mas koki sisik mutiara berbentuk seperti bola pingpong yang bulat dan gemuk. Memiliki sirip berjumlah 6 buah dengan ukuran yang cukup pendek. Dari semua jenis ikan mas koki, hanya jenis inilah yang memiliki sirip seperti jerawat batu.

Baca juga jenis ikan mas koki paling indah dan populer.

loading...
terms: aquarium dan ikan koki, ikan koki infah, mas koki dikuras