Cara Merawat Harddisk Eksternal agar Lebih Awet

By Categories : Tips

Harddisk eksternal menjadi banyak pilihan orang untuk melakukan penyimpanan data, disaat harddisk internal mulai penuh. Secara umum harddisk internal memiliki batas penyimpanan entah itu pada PC maupun pada laptop. Harddisk eksternal berbeda dengan flashdisk yang cenderung memiliki kapasitas terbatas.

Cara Merawat Harddisk Eksternal

Oleh karena itu harddisk eksternal dapat menampung lebih banyak file, dibandingkan dengan flashdisk yang hanya memiliki kapasitas hanya puluhan MB saja, sedangkan untuk harddsik eksternal dapat mencapai ratusan GB (Giga Byte). Namun seperti barang elektronik lainnya, bahwa harddisk eksternal juga memerlukan perawatan agar tetap awet saat digunakan. Lalu bagaimana saja cara merawat harddisk eksternal agar lebih awet? Silahkan ketahui pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Merawat Harddisk Eksternal Lebih Awet

Hindari Harddisk dari Benturan Keras

Cara merawat harddisk eksternal yang pertama adalah dengan menghindari harddisk eksternal dari benturan yang keras. Benturan keras dapat disebabkan karena harddisk jatuh atau hal lainnya. Benturan keras ini dapat menyebabkan harddisk menjadi rusak, karena komponen di dalamnya terganggu. Oleh sebab itu usahakan jangan sampai harddisk terkena benturan keras, getaran yang berlebih, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan langsung dengan fisik harddisk.

Usahakan Tidak Mencabut Langsung Harddisk

Cara kedua untuk merawat harddisk eksternal adalah dengan mengusahakan tidak mencabut langsung harddisk. Ketika sedang menggunakan harddisk pada komputer atau laptop, sebaiknya jangan langsung mencabutnya ketika selesai menggunakannya. Langkah yang bisa diperhatikan seperti meng-ejectnya terlebih dahulu. Cara ini lebih aman dibandingkan dengan mencabut langsung, selain itu juga menghindarkan dari corrupt data yang dapat mengakibatkan harddisk rusak.

Menjauhkan dari Barang Elektronik Lain

Ketika menyimpan atau meletakkan harddisk sebaiknya tidak didekatkan dengan barang elektronik lain yang mengandung gelombang elektromagnetik. Benda-benda tersebut di antaranya seperti handphone, kulkas, televisi, laptop, dan banyak lagi. Oleh sebab itu ketika meletakknya atau menggunakannya jangan taruh di atas barang-barang tadi, dan usahakan untuk sedikit menjauhkannya untuk menghindari terganggunya komponen pada harddisk.

Hindarkan Harddisk Dari Benda Cair

Cara merawat harddisk eksternal yang keempat adalah dengan menghindarkan harddisk dari benda cair. Semua barang elektronik biasanya rentan terhadap air, karena sifat air yang dapat menyebabkan konseleting pada barang elektronik. Untuk itu ketika menggunakan atau menaruh harddisk sebaiknya mengusahakan untuk menjauhkan benda cair seperti air pada harddisk.

Mencabut Kabel USB dengan Benar

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat harddisk eksternal adalah dengan mencabut kabel USB dengan benar. Cara mencabut kabel USB pada harddisk yang benar adalah dengan menarik kepala konektornya bukan bagian cable pada harddisk. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko putusnya kabel pada harddisk yang menyebabkan harddisk kurang berfungsi mengingat kabel USB merupakan penghubung dengan komputer maupun laptop.

Nah demikianlah tadi ulasan mengenai cara merawat harddisk eksternal yang baik agar tetap awet saat digunakan. Baca juga artikel terkait mengenai Cara merawat harddisk laptop.