Cara Merawat Gigi Behel

By Categories : Kesehatan

Kawat gigi saat ini memang sedang populer digunakan oleh masyarakat yang menginginkan gigi yang rapi dan rata. Namun tidak banyak pula yang memasang gigi dengan behel yang hanya untuk kepreluan gaya dan mengikuti masa tren saat ini. Pada umumnya fungsi dari kawat gigi ini adalah untuk meratakan gigi dengan cara menahan pergerakan gigi dan juga mendorongnya.

Dengan menggunakan behel atau kawat gigi ini dapat memperbaiki penampilan dan juga estetika ketika berbicara dan senyum kepada orang lain. Namun tentu memiliki masalah jika gigi yang dipasang dengan behel atau kawat gigi tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu setiap orang yang memasang dan menggunakan bahel perlu merawat dan juga menghindari makanan tertentu. Lalu bagaimana cara merawat gigi behel yang baik? Simak ulasan dibawah ini!

Cara Merawat Gigi Behel

Cara Merawat Gigi Behel

Sikat Gigi dan Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Ini hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan harus mendengarkan rekomendasi dari dokter gigi. Sebaiknya gunakanlah sikat gigi khusus untuk gigi behel Anda. Karena pada umumnya sikat ini memiliki bulu halus dan baik dalam membersihkan gigi yang berbehel. Untuk masalah pasta gigi, sebaiknya pilihlah pasta gigi yang terbukti dengan kualitasnya dengan rekomendasi dari dokter yang ditujukan untuk pengguna gigi berbehel.

Obat Kumur

Sangat dianjurkan untuk menggunakan obat kumur yang baik, setelah melakukan sikat gigi. Sebaiknya Anda memilih alat dan pasta gigi khusus untuk menjaga gigi behel Anda. Setelah itu kumurlah dengan menggunakan obat kumur yang berguna untuk membersihkan mulut dari bakteri atau kuman yang tersisa setelah gosok gigi, tentunya sudah terpercaya akan aman saat digunakan.

Hindari Makanan Keras dan Permen Karet

Yang satu ini perlu diperhatikan hindarilah makanan keras dan juga permen karet. Permen karet memiliki tekstur yang halus dan mudah untuk melekat di dalam mulut. Untuk itu hindarilah konsumsi permen karet. Untuk makanan yang memiliki tekstur yang keras, alangkah baiknya untuk memotongnya terlebih dahulu menjadi ukuran kecil-kecil. Makanan keras tersebut diantaranya dapat berupa buah-buahan, serta makanan lainnya yang memiliki tekstur yang keras. Baca juga Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Rajin Melakukan Sikat Gigi Setelah Makan

Tips berikutnya adalah rajin dalam melakukan sikat gigi setelah makan dengan membawa perlengkapan perawatan gigi dan juga pasta kemanapun. Sehingga setelah makan dapat langsung membersihkannya agar tidak menempel dan juga nyangkut pada kawat gigi. Hal ini tentu dapat membuat gigi dan mulut bersih dan terasa segar.

Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Rutin dalam memerikas kondisi gigi ke dokter gigi sangatlah dianjurkan bagi pengguna gigi behel. Kosultasikanlah ke dokter gigi langganan Anda untuk memantau perkembangan pada gigi kawat selama kurang lebih 3 bulan sekali atau satu bulan sekali untuk melakukan perawatan dan juga check up.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara merawat gigi behel yang dapat Anda perhatikan, adapula pantangan lainnya yang perlu diperhatikan adalah mengindari minuman bersoda yang dapat menyebabkan plak didalam mulut khususnya pada kawat gigi. Baca Juga Artikel Makanan untuk Penderita Darah Tinggi