Cara Merawat dan Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Penyakit campak atau yang dikenal dengan sebuat morbili,rubela ataupun measles merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menular dan berbahaya. Tahukah Anda penyakit campak adalah salah satu faktor penyebab kesakitan dan kematian terhadap anak. Penyakit campak sendiri memiliki gejala-gejala seperti timbulnya ruam pada kulit, flu, batuk, demam tinggi, batuk kering, peradangan pada mata hingga muncul bercak-bercak putih kecil kebiruan pada mulut.

 Cara Merawat dan Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

Virus campak itu sendiri dapat menular pada orang lain dengan berbagai macam cara, mulai dari percikan air liur, melalui udara ataupun dari mulut dan tenggorokan yang menderita penyakit tersebut. Biasanya masa inkubasinya adalah sekitar 10 hari hingga 14 hari. lalu apa saja perawatan yang perlu dilakukan jika anak terkena campak? Berikut adalah cara merawat dan mencegah penyakit campak pada anak.

Perawatan untuk penyakit campak pada anak

Seperti yang Anda ketahui hingga saat ini belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi penyakit ini. Setelah ruam mulai timbul, sebaiknya penderita campak beristirahat secara teratur untuk mengobati gejala, jika tidak terjadi komplikasi gejala tersebut biasanya akan hilang dalam 7 hingga 10 hari. jika seorang anak menderita penyakit campak, berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk merawatnya.

  • Pastikan penderita campak harus meminum air putih secara teratur. Hal ini sangat berguna untuk mencegah anak dehidrasi yang dapat membuat batuk semakin memburuk.
  • Selain minum air putih secara teratur, beristirahat ketika terkena penyakit campak juga sangat penting. Memperbanyak waktu istirahat dapat mencegah virus campak menyebar dan menginfeksi orang lain.
  • Seorang anak usia diatas satu tahun juga dapat diberikan obat herbal dari perasan air lemin dan teh madu. Namun jika penderita kurang dari 12 bulan sebaiknya menghindari penggunaan madu.
  • Jika penyakit campak tersebut disertai peradangan pada mata, alangkah baiknya untuk meredakan peradangannya dengan cara mengompresnya dengan air dingin. Caranya, rendam kapas dengan air dingin lalu tempelkan pada mata.
  • Jika suhu tubuh anak meningkat dan demam tinggi lebih dari 40 derajat, kompres dengan menggunakan air hangat dan jangan menyelimuti tubuhnya dengan menggunakan selimut yang telralu tebal.
  • Jika terjadi komplikasi dan keadaan semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Cara mencegah penyakit campak pada anak

  • Imunisasi atau vaksin aktif

Imunisasi  ini biasanya dirangsang dengan cara memberikan virus campak yang hidup dan kemudian dilemahkan. Imunisasi campak biasanya diberikan pada anak yang berusia 12 hingga 15 bulan. Namun ada juga yang diberikan dalam waktu yang lebih awal pada daerah yang sering terjadi pada penyakit ini.

  • Imunisasi pasif

Imunisasi pasif biasanya dilakukan pada kumpulan dari serum orang dewasa. Penyakit campak bisa dicegah dengan menggunakan immunoglobulin serum dengan kadar dosis pemberian adalah 0,25 ml/kg.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat dan mencegah penyakit campak pada anak.