Cara Merawat Cucak Ijo Agar Rajin Berkicau

By Categories : Tips

Cucak ijo atau cucak hijau merupakan salah satu jenis burung hias yang memiliki suara merdu saat berkicau. Sama halnya dengan burung kenari, cucak ijo juga sering diikutkan lomba dengan suara kicauan terbaik sebagai pemenangnya. Burung cucak ijo banyak digemari dan sangat populer mengenai keberadaannya. Meskipun begitu harga dari seeokor cucak ijo tetaplah mahal.

Meskipun dibandrol dengan harga yang mahal, tak membuat pecinta burung hias untuk memilikinya. Ini dikarenakan suara dan bentuk tubuh cucak hijau yang menarik. Cucak ijo memiliki warna cenderung hijau seperti namanya ijo yang dalam bahasa Indonesia berarti hijau. Untuk memelihara burung cucak ijo diperlukan perawatan yang benar agar si burung dapat berkicau bagus dan memiliki suara yang nyaring.

Cucak Ijo

Hal terpenting yang dilakukan adalah konsistensi serta ketekunan dalam merawat si burung. Cucak ijo dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung dengan daerah asal si burung. Salah satu cucak ijo yang memiliki kualitas terbaik adalah cucak ijo banyuwangi. Selain cucak ijo Banyuwangi, adapula cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatera, dan banyak lagi. Nah untuk Anda yang berniat untuk merawat jenis burung tersebut, di bawah ini terdapat beberapa cara merawat cucak ijo agar rajin berkicau.

Berikut Cara Merawat Cucak Ijo agar Rajin Berkicau

Pemilihan Jenis Kelamin

Bagi Anda yang ingin memelihara burung cucak ijo yang rajin berkicau sebaiknya pastikan terlebih dahulu jenis kelamin. Untuk jenis kelamin cucak ijo yang rajin berkicau biasanya berkelamin jantan. Untuk jenis betina biasanya digunakan untuk proses mengawinkan dengan si jantan. Namun untuk fokus dalam hal berkicau guna mengikuti lomba sebaiknya si burung jangan dikawinkan dengan si betina terlebih dahulu.

Memandikan Burung

Untuk proses memandikan cucak ijo dilakukan setiap pagi dengan menggunakan semprotan yang telah diisi air. Semprotkan botol spray yang terisi air pada kandang cucak ijo sambil membersihkan kandang sekaligus.

Menjaga Kebersihan Kandang

Untuk kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari. Menjaga kebersihan kandang meliputi membersihkan kotoran burung yang menempel, membersihkan tempat makan, membersihkan tempat air minum dan menggantinya setiap hari, serta mengambil makanan tambahan seperti apel, pisang, dan lain sebagainya.

Proses Penjemuran

Untuk proses penjemuran dilakukan pada pagi hari saat sinar matahari bersinar cerah antara kurun waktu jam 7 sampai jam 9 pagi. Proses penjemuran kurang lebih 1 sampai 2 jam asal sinar matahari tidak terlalu panas. Selesai berjemur cukup diangin-anginkan saja, agar cucak ijo tidak stress.

Berikan Asupan Makanan

Makanan yang berkualitas juga mendukung proses agar si cucak ijo dapat berkicau dengan merdu. Berikan makanan extra seperti jangkrik 2 sampai 3 ekor setiap pagi, selain itu bisa ditambahkan ulat hongkong cukup satu sendok makan setiap 2 sampai 3 hari, serta pemberian kroto sebagai variasi makanan tambahan. Jangan lupa pula berikan makanan tambahan seperti buah pisang kapok putih, voer, dan buah lainnya seperti apel.

Proses Pemasteran

Untuk proses pemasteran dapat diberikan suara burung yang bagus dalam bentuk MP3 yang bisa diunduh melalui internet. Dengan pemasteran ini si cucak ijo akan merespon suara dari MP3 untuk berkicau.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai beberapa cara merawat cucak ijo agar rajin berkicau. Baca juga artikel tentang Tips merawat burung Love Bird.