Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Cepat Pudar

By Categories : Tips

Cat motor perlu dilakukan perawatan agar tetap bersih dan tidak pudar. Merawat cat pada motor memiliki banyak manfaat seperti tidak cepat pudar. Kualitas cat yang masih bagus tentu menjadi keuntungan tersendiri ketika hendak dijual. Dengan kondisi cat serta mesin yang masih bagus membuat harga motor lebih tinggi ketimbang kondisi cat motor sudah pudah.

Sama halnya seperti merawat cat mobil, untuk merawat cat pada motor tidaklah terlalu susah. Terdapat banya cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan warna cat yang bagus, tetap mengkilap, dan pastinya tidak cepat pudar. Lantas bagaimana saja cara merawat cat motor agar tidak pudar? Ketahui penjelasannya berikut ini!

Cara Merawat Cat Motor

Berikut Cara Merawat Cat Motor yang Benar

Gunakan Shampo Khusus untuk Mencuci Motor

Rusaknya cat pada kendaraan motor dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah pemilihan shampoo sembarangan yang digunakan untuk mencuci. Akibatnya adalah cat menjadi cepat kusam ataupun pudar. Biasanya kebanyakan orang menggunakan detergen ataupun sabun colek untuk mencuci motor. Padahal kedua sabun tersebut justru membuat cat menjadi rusak, sebab mengandung zat kimia yang sifatnya keras. Untuk itu pilihlah shampoo khusus untuk mencuci motor yang aman bagi cat kendaraan Anda. shampoo khusus motor biasanya zat kimia di dalamnya sudah disesuaikan agar tidak merusak cat.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Cairan Mengkilapkan Body Motor

Cara merawat cat motor agar tidak cepat pudar berikutnya adalah dengan tidak menggunakan terlalu sering cairan khusus yang berguna untuk mengkilapkan body. Meskipun cairan khusus mampu membuat body motor terlihat bersih dan berkilau, akan tetapi jika digunakan terlalu sering justru dapat memakan cat itu sendiri dalam arti membuat cat motor menjadi cepat kusam.

Menghindari Tempat parkir di Area Terbuka

Parkir sembarangan tidak hanya mengganggu pengguna jalan lain, tetapi juga dapat merusak cat kendaraan Anda. Parkir sembarangan identik dengan area terbuka serta tidak resmi. Faktor yang mempengaruhi cat motor rusak dari parkir sembarangan adalah paparan sinar matahari dan juga debu. Apalagi jika parkir motor dalam jangka waktu lama, sehingga membuat motor kepanasan dan cat mudah kusam atau pudar. Untuk itu bagi Anda yang menginginkan kondisi cat tetap bagus, ada baiknya jika menghindari parkir di tempat terbuka terlalu lama.

Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Cara merawat cat motor berikutnya adalah cuci motor setelah terkena air hujan. Air hujan mengandung asam yang dapat menimbulkan karat pada kendaraan, sehigga membuat proses korosi pada logam meningkat. Untuk mengatasi ketika motor terkena air hujan, segera cuci dengan menggunakan air bersih serta gunakan lap dengan permukaan lembut (kanebo atau kain panel) guna menghindari cat menjadi pudar serta proses korosi.

Demikianlah tadi beberapa ulasan singkat mengenai cara merawat cat motor agar tidak cepat pudar. Perlu diingat penggunaan kain dengan permukaan lembut membantu menjaga cat motor dari goresan. Baca Juga Cara Merawat Aki Kering