Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Awet

By Categories : Tips

Cat pada mobil merupakan bagian terpenting untuk diperhatikan selain mesin. Oleh karena itu sangat disarankan untuk merawat cat mobil sebelum warna mulai memudar, terlebih lagi bagi mobil yang sudah digunakan cukup lama. Sebenarnya sangat mudah untuk merawat cat mobil asalkan para pemilik mengetahui beberapa cara.

Ketika warna cat mobil sudah memudar tentu akan mempengaruhi harga jual ketika hendak dijual. Oleh karena itu selain mesin, cat mobil merupakan mahkota kecantikan yang perlu dirawat. Bagi Anda yang sedang mencari informasi bagaimana saja cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan awet? Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Cara Merawat Cat Mobil

Berikut Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

Lindungi Mobil dari Sinar Matahari

Pancaran sinar matahari secara langsung lama-kelamaan dapat merusak cat mobil. Selain sinar matahari air hujan juga turut mempengaruhi kualitas dari cat mobi Anda. Untuk itu sebaiknya ketika Anda sedang bepergian carilah tempat parkir resmi yang terlindung dari sinar matahari dan juga air hujan. Hal ini terkadang terlihat sepele namun lama-kelamaan dapat mempengaruhi cat mobil menjad pudar. Jangan lupa ketika mobil terkena air hujan, untuk mencuci menggunakan shampoo khusus untuk mobil.

Mencuci Mobil Secara Berkala

Cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap berikutnya adalah dengan mencucinya secara berkala. Mencuci mobil sangat penting untuk dianjurkan dalam merawat cat. Usahakan cuci mobil 1 sampai 3 kali dalam satu bulan, atau bisa juga 1 kali dalam seminggu. Hal ini berguna untuk melindungi cat mobil dari debu, penumpukan polutan, serta bahan kimia yang dapat mengurangi kualitas warna pada cat mobil. Selain itu dengan mencuci mobil dapat membuat mobil Anda tampak bersih setiap harinya.

Gunakan Wax Secukupnya Saja

Setelah mencuci jangan lupa segera lap mobil dengan menggunakan kain yang memiliki permukaan halus. Untuk membuat mobil tampak mengkilap, Anda bisa menggunakan wax yang didesain aman untuk cat mobil. Gunakan wax yang aman untuk mobil, Anda dapat membelinya di supermarket atau bisa juga di salon mobil. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan secukupnya agar tidak merusak cat mobil dalam jangka waktu lama.

Hindarkan Mobil dari Cairan yang Dapat Merusak Cat

Cara merawat mobil yang keempat adalah dengan menghindarkan mobil dari cairan bahan kimia yang dapat merusak kondisi cat mobil. Adapun bahan-bahan kimia tersebut di  antaranya seperti cairan oli, minyak rem, dan sejenisnya. Jika terkena cairan tersebut, segeralah untuk menyiram dengan air bersih yang dikombinasikan dengan shampoo khusus untuk mencuci mobil.

Bawa ke Salon Kendaraan

Memiliki mobil memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, terlebih lagi mobil membutuhkan perawatan yang lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Untuk merawat cat mobil dan keseluruhannya, Anda bisa membawanya ke salon khusus mobil. Di sana mobil Anda akan di poles dan dirawat sedemikian rupa sehingga cat akan nampak lebih mengkilap dan awet. Anda dapat membawa ke salon mobil cukup 1 bulan sekali.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan awet yang perlu diketahui. Baca juga artikel lainnya mengenai Tips merawat mobil matic.

Loading...
terms: cara mencuci mobil warna hitam