Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

By Categories : Teknologi

Sebagai pengguna smartphone tentu ingin memiliki baterai yang dapat bekerja secara maksimal. Permasalahan seperti kehabisan baterai saat digunakan kerap menghampiri para pengguna smartphone saat ini. Mengetahui hal tersebut para pengguna dapat menggunakan powerbank sebagai alternatif. Powerbank mampu membantu para pengguna disaat kehabisan daya saat bepergian.

Merawat Baterai Smartphone

Namun bagaimana jika kondisi baterai rusak? Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat beberapa smartphone yang didesain dengan baterai permanen di dalamnya (dalam arti baterai tidak dapat dilepas). Untuk mengatasi dan mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara merawat baterai smartphone yang baik. Yuk silahkan coba beberapa cara mudah di bawah ini dalam merawat baterai smartphone!

Cara Merawat Baterai Smartphone yang Perlu Anda Ketahui

Memperhatikan pada Saat Pengisian Berlangsung

Ketika proses pengisian baterai atau pada saat charge baterai smartphone hal yang biasa diabaikan para pengguna adalah lamanya waktu pengisian daya. Hal ini terlihat sepele namun jika dibiarkan dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi kinerja dari baterai. Proses pengisian dalam jangka waktu lama akan membuat baterai pada sebuah smartphone akan terganggu, akibatnya baterai cepat nge-drop. Untuk itu segeralah melepas baterai ketika daya baterai sudah penuh.

Jangan Sampai Menunggu Daya Baterai Kosong

Cara merawat baterai smartphone berikutnya dalam merawat baterai adalah jangan biarkan baterai dalam keadaan benar-benar kosong. Dalam jangka waktu lama jika baterai dibiarkan sering mati sendiri akibat kehabisan daya dapat mengakibatkan menurunnya kualitas baterai. Hal inilah yang dapat memicu baterai rusak dan akan sering mengalami kehabisan daya padahal baru digunakan dalam waktu yang sebentar. Anda tentu tidak ingin baterai Anda rusak, untuk itu segeralah isi daya ketika smartphone sudah menunjukkan indikator baterai lemah.

Jangan Gunakan Smartphone saat Pengisiaan Daya

Untuk Anda yang sering menggunakan smartphone sambil mengisi daya sebaiknya mulai untuk menghentikannya. Kebiasaan buruk tersebut dapat membuat baterai cepat rusak serta kualitas smartphone akan menurun. Terlebih lagi ketika saat proses pengisian daya dilakukan dan dalam waktu yang sama smartphone digunakan akan membuat suhu menjadi cepat panas. Oleh karena itu sebaiknya jangan gunakan smartphone pada saat pengisian daya berlangsung.

Mematikan Smartphone saat Dicharge

Cara mudah yang keempat adalah dengan mematikan smartphone saat melakukan pengisian daya. Seperti pada poin ketiga di atas, bahwa smartphone tidak boleh digunakan pada saat proses pengisian daya berlangsung. Selain jangan digunakan, sebaiknya smartphone dalam kondisi non-aktif saat proses pengisian daya berlangsung. Hal ini akan membuat baterai menjadi awet.

Jangan Sampai Baterai Terkena Air

Cara yang terakhir untuk merawat baterai agar awet adalah dengan menghindarkan dari air. Hampir semua smartphone tidak boleh terkena air, meskipun terdapat beberapa smartphone telah menggunakan teknologi anti air. Tidak hanya smartphone yang tak boleh terkena air, komponen baterai juga rawan terhadap air.

Demikianlah tadi ulasan mengenai cara merawat baterai smartphone. Baca juga artikel mengenai Cara meningkatkan kinerja Android.

Loading...