Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

By Categories : Umum

Merawat komponen laptop yang benar dan baik diperlukan agar laptop beserta komponen dapat tahan lama ketika digunakan. Masalah utama yang sering dikeluhkan sebagian orang adalah masa pakai baterai yang tidak tahan lama. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kinerja grafis, jumlah RAM yang besar, pemakaian yang tidak benar, dan juga kecepatan dari CPU. Masalah tersebut disadari oleh perusahaan laptop, sehingga mereka terus melakukan upaya untuk menciptakan baterai yang dapat bekerja lebih lama. Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara merawat baterai laptop dengan benar. Lalu bagaimana caranya? SImak ulasan dibawah ini!

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

  • Di setiap laptop dengan kondisi baru, tentu semua baterai tidak sepenuhnya full terisi. Biasanya perusahaan sudah memberikan daya tertentu kepada baterai. Nah untuk itu Anda sebagai pembeli laptop jangan langsung menggunakannya, tetapi alangkah baiknya untuk mengisi daya dengan kondisi laptop tidak menyala. Pengisian daya tidak harus sampai 8 jam, melainkan ketika lampu indikator berwarna hijau menandakan baterai sudah terisi penuh. Baca juga Pendiri Instagram
  • Cara berikutnya adalah dengan cara mengurangi intensitas cahaya pada saat pemakaian berlangsung. Tentu kita mengetahui bahwa penggunaan cahaya yang terlalu terang dapat membuat boros baterai. Inilah yang mengakibatkan baterai pada laptop cepat habis, dan membuatnya membutuhkan pengisian daya. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya sesuaikan penggunaan cahaya dengan keperluan, yang terpenting adalah jangan terlalu terang.Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar
  • Menghindari penggunaan baterai sampai dengan 0%. Penggunaan baterai 0% dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen baterai laptop dalam jangka panjang. Biasanya ini terjadi ketika pengguna lupa untuk mengisi daya ulang, yang mengakibatkan baterai nge-drop. Untuk itu jika sudah terdapat peringatan bahwa baterai sudah limit, sebaiknya langsung lakukan pengisian daya dengan charger.
  • Menghindari pelepasan baterai saat digunakan. Banyak orang masih melakukan pelepasan baterai saat digunakan dengan alasan agar baterai awet dan tahan lama. Hal itu tentu tidak benar, karena ketika tiba-tiba lampu mati maka laptop otomatis akan langsung mati. Inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hardware, dan bahkan mengakibatkan konsleting pada hardware.
  • Ketika pemakaian sedang berlangsung pastikan untuk suhu disekitar berada dalam kondisi normal dan juga tidak terlalu panas. Suhu yang ekstrim dapat menurunkan kinerja baterai dan juga hardware lainnya. Lebih baik ketika penggunaan berada dalam ruangan yang dingin atau menggunakan cooling pad. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering menggunakan cooling pad, karena dapat penumpukan debu pada hardware laptop.
  • Menghindarkan baterai dari air atau juga panas matahari. Air dan panas dapat merusak komponen pada baterai, jika terkena secara langsung. Sebaiknya Anda ketika menggunakan laptop, jauhkan gelas yang berisi air untuk menghindari resiko tumpahnya gelas ke laptop. Selain baterai yang rusak, komponen hardware lainnya pada laptop juga mengalami kerusakan.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar, dengan adanya perawatan yang baik dan benar otomatis baterai awet dan laptop juga tahan lama dalam kinerjanya. Baca juga artikel Antivirus Paling Bagus untuk Laptop

terms: cara merawat baterai laptop