Cara Merawat Aki Kering pada Kendaraan

By Categories : Umum

Aki merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang berperan penting dalam penggunaannya. Untuk itu perlu mengetahui cara merawat aki yang benar. Dapat dikatakan tanpa adanya aki, kendaraan akan kurang berfungsi mengingat aki memiliki peran untuk memberikan sumber kelistrikan. Sumber kelistrikan itulah yang membantu lampu dapat menyala serta indikator pada kendaraan lainnya.

Secara umum api dipisahkan menjadi dua jenis yakni aki basah dan kering. Aki basah menggunakan cairan berupa asam sulfat. Untuk jenis aki basah memerlukan perawatan secara berkala guna menjaga cairan tersebut terjaga yang bertujuan untuk arus tetap maksimal dan tidak rusak. Sementara untuk jenis kering menggunakan gel untuk pengganti cairan elektrolit.

Cara Merawat Aki Kering

Gel tersebut bersifat menguap, meski mengunakan kembali lagi ke dalam aki, sehingga tak membutuhkan pengisian ulang layaknya aki basah. Bisa dikatakan bahwa jenis aki kering memiliki perawatan yang mudah serta tahan lama. Meskipun begitu perlu namanya perawatan yang benar agar aki tidak cepat rusak dan aus. Bagaimana cara merawat aki pada kendaraan? Ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Merawat Aki Kering pada Kendaraan

Menyalakan Kendaraan Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Cara merawat aki kering yang pertama adalah dengan menyalakan kendaraan minimal 15 menit setiap harinya. Jenis ini dapat digunakan pada kendaraan bermotor ataupun mobil. Seiring dengan berjalannnya waktu sel yang ada pada aki lama kelamaan akan mati. Untuk mencegah secara dini. Sebaiknya paling tidak kendaraan dinyalakan selama 15 menit setiap harinya jika jarang digunakan.

Jangan Menyalakan Starter Elektrik jika Susah Dinyalakan

Ketika kendaraan motor susah dihidupkan dengan starter elektrik sebaiknya jangan terlalu memaksa. Alihkan terlebih dahulu menggunakan starter secara manual. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada aki kering. Sementara untuk mobil, jika starter tak bisa digunakan terdapat kemungkinan bahwa aki kering perlu untuk diganti. Ketika aki kering mengalami penurunan kualitas ditandai dengan lampu kurang menyala terang serta susah untuk dinyalakan.

Perhatikan Penggunaan Aksesoris pada Kendaraan

Cara merawat aki kering berikutnya adalah dengan memperhatikan aksesoris pada kendaraan. Aksesoris tambahan pada kendaraan juga dapat mempengaruhi umur dari aki kering. Hindari aksesoris tambahan yang sifatnya berlebihan guna meminimalisir pemborosan daya listrik. Aksesoris tambahan misalnya berupa tambahan lampu hias, audio rakitan, serta hal lainnya yang membutuhkan sistem kelistrikan.

Matikan Komponen Pada Saat Akan Mematikan Kendaraan

Cara merawat aki kering berikutnya adalah dengan mematikan semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan. Komponen yang berhubungan kelistrikan diantaranya lampu jarak jauh, lampu kota, lampu sign, dan komponen lainnya. Hal ini bertujuan untuk ketika menyalakan lagi, konsumsi daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Ketika Pagi Hari Nyalakan secara Manual

Untuk kendaraan bermotor yang menggunakan aki kering, setiap pagi sebaiknya gunakan starter secara manual. Hal ini berguna untuk menghemat daya kelistrikan pada aki. Terlebih lagi pada pagi hari semua komponen masih dingin termasul sel di dalam aki. Sementara untuk mobil, biarkan jarum RPM berputar terlebih dahulu dan jangan lupa memastikan semua komponen yang berhubungan kelistrikan dalam keadaan off atau mati.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara merawat aki kering pada kendaraan. Baca juga artikel tentang Cara merawat cat mobil aagar tetap mengkilap.

loading...