Cara Merawat Kelinci yang Baik

By Categories : Tips

Memelihara kelinci merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress. Bagi para penyayang binatang, memelihara hewan menjadi hiburan tersendiri yang menyenangkan. Terlebih lagi kelinci merupakan hewan mamalia pengerat lucu dan menggemaskan. Tubuhnya yang mungil, mata yang bulat, serta telinga yang panjang menjadi salah satu ciri dari hewan lucu ini. Tak heran jika kebanyakan orang menyukai untuk merawat kelinci. Meski terbilah mudah dalam perawatan dan pemeliharaan, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tentu tidak mau memiliki kelinci sakit atau bahkan mati, untuk itu simak informasi berikut ini mengenai 5 cara merawat kelinci yang baik!

Cara Merawat Kelinci yang Baik

Berikut Cara Merawat Kelinci yang Baik

Menjaga Kebersihan Kandang

Sama halnya dengan binatang lainnya, memelihara kelinci juga membutuhkan kandang dalam keadaan bersih. Sangat penting untuk memiliki kandang yang bersih untuk kelinci, dengan cara membersihkan secara berkala. Selain itu Anda juga bisa menyediakan pekarangan khusus untuk kelinci, agar kelinci lebih bebas ketika bergerak. Untuk masalah kandang sebaiknya hindari serutan kayu yang bisa menimbulkan alergi pada kelinci. Pilihlah alas dengan bahan seperti triplek, pulp kayu, atau bisa juga jerami. Bahan tersebut sangat bermanfaat untuk menyerap kotoran dari kelinci.

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi Kelinci

Faktor makanan mempengaruhi kesehatan kelinci. Makanan yang bisa diberikan pada kelinci umumnya seperti rumput-rumputan, sayuran seperti kangkung, wortel, atau buah apel, pepaya, dan melon. Selain makanan makanan tersebut, Anda juga bisa memberikan suplemen pellet khusus pada kelinci agar si kelinci lebih sehat.

Mandikan secara berkala

Untuk menjaga kesehatan kelinci perlu dimandikan. Kelinci hampir sama seperti kucing keduanya tidak suka pada air sehingga saat memandikan perlu kesabaran karena mereka biasanya mencoba untuk kabur. Sebelum mandi sebaiknya telinga kelinci ditutup dengan kapas agar air tidak masuk. Shampo yang digunakan sebaiknya bukan merupakan samphoo untuk manusia karena sifatnya yang terlalu keras untuk kelinci. Anda bisa membeli shampo kucing di petshop. Gunakan air hangat-hangat kuku untuk memandikan kelinci dan segera keringkan dengan handuk supaya tidak kedinginan. Untuk menjaga kebersihan bulu kelinci sebaiknya cukup disisir dan diberikan bedak anti kutu untuk hewan.

Ukuran Kandang pada Kelinci

Ukuran kandang pada kelinci juga membutuhkan perhatian khusus agar kelinci tidak stress. Biasanya ukuran kandang yang cocok dan baik pada kelinci adalah lima kali dari ukuran kelinci tersebut. Dengan ukuran kandang yang lebih besar maka kelinci lebih leluasa untuk bergerak. Selain itu waspada juga terhadap binatang lainnya seperti ular, atau juga suhu ruangan. Kelinci termasuk hewan yang sensitif terhadap suhu terlalu panas, atau dingin. Oleh sebab itu jangan menaruh kelinci di luar rumah yang atasnya tidak memiliki atap. Bagi Anda yang memiliki cukup lahan, bisa juga Anda buatkan rumah kecil khusus kelinci serta pekarangan untuk tempat bermainnya.

Melakukan Cek Kesehatan

Melakukan cek kesehatan melalui dokter hewan bisa Anda lakukan untuk mengetahui kesehatan kelinci Anda. Untuk poin yang satu ini cocok bagi mereka yang memiliki dana lebih serta jenis kelinci yang mahal. Dengan begitu kesehatan kelinci dapat terpantau dengan baik.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai cara merawat kelinci yang baik yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda penggemar kucing, simak artikel berikut mengenai Cara merawat kucing anggora.

terms: ternak kelinci anggora