Cara Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit bahaya lainnya. Kadar kolesterol tinggi dapat dialami siapa saja karena faktor pola hidup atau juga faktor genetika. Pola hidup tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji serta jarang berolahraga menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh perlu Anda ketahui untuk mencegah resiko penyakit berbahaya. Lantas bagaimana saja cara menurunkan kolesterol dalam tubuh? Untuk mengetahuinya lebih lanjut simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menurunkan Kolesterol

Berikut Cara Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Olahraga secara Rutin

Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh yang pertama dengan olahraga secara rutin. Memulai hidup sehat dengan olahraga secara rutin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu menurut para ahli dengan melakukan aktivitas fisik seperti lari pagi, bersepeda, berenang, dan aktivitas fisik lainnya mampu mengurangi LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dari pembuluh darah kembali ke organ hati. Sedangkan untuk HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik justru meningkat. Luangkan waktu untuk aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit setiap harinya secara teratur.

Batasi Konsumsi Gorengan

Cara kedua adalah dengan membatasi mengonsumsi gorengan. Untuk mengurangi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, Anda dapat mengganti dengan cara dikukus atau direbus. Minyak yang terkandung di dalam gorengan tersebut berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Meskipun ingin mengonsumsi gorengan sebaiknya mengolah sendiri dengan menggunakan minyak yang masih baru serta tetap membatasi dalam mengonsumsinya. Di samping itu pantangan makanan untuk penderita kolesterol juga perlu dihindari.

Hindari Kebiasaan Buruk Merokok

Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh yang ketiga adalah dengan menghindari kebiasaan buruk merokok. Rokok dapat menyebabkan resiko berbagai penyakit dalam jangka waktu lama termasuk dalam produksi kolesterol. Dengan merokok mampu meningkatkan produksi dari LDL atau kolesterol jahat serta menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Kolesterol tinggi menyebabkan terjadinya penyempitan serta pengerasan pada pembuluh darah. Dengan begitu akan mencegah aliran oksigen menuju jantung dan seluruh tubuh yang akan menyebabkan serangan jantung.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Terdapat banyak sumber makanan penurun kolesterol misal buah, jenis kacang, serta sayur-sayuran yang mengandung serat. Dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dibutuhkan paling tidak 5 sampai 15 gram serat larut. Hal ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi 5 porsi sayuran dalam sehari. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi buah apel, pepaya, pisang, dan jenis buah lain yang mengandung serat untuk membantu menurunkan kolesterol.

Hindari Stres Berlebih

Yang terakhir adalah dengan mengontrol stress atau depresi. Stres dapat meningkatkan kolesterol, sebab ketika stress maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisol dan kortison. Dalam menghasilkan hormon tersebut dibutuhkan kolesterol. Ketika stress berkepanjangan maka membuat kadar kolesterol lebih banyak dalam memproduksi hormon stress tersebut. Kolesterol tidak hanya bisa didapatkan dari sumber makanan melainkan juga dari produksi dalam tubuh. Oleh sebab itu untuk menghindari kadar kolesterol tinggi sebaiknya hindari rasa stress berlebih pada tubuh.

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena kolesterol tinggi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi biasanya mudah dijumpai pada produk yang terbuat dari hewani, dengan demikian vegetarian cenderung memiliki tingkat kolesterol lebih rendah.

Jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi

  • Kuning telur. Makanan ini memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 123 mg per 100 gram atau 411% dari jumlah harian yang disarankan. Telur sebenarnya masih dapat dikonsumsi asalkan waktu yang tepat adalah pada pagi hari. Dan Anda perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi pada siang atau malam hari.
  • Kaciar. Makanan ini terbuat dari telur ikan dan mengandung kolesterol tinggi mencapai 588 mg per 100 gram atau sekitar 94 mg kolesterol per sendok makan.
  • Jeroan hati. Kolesterol diproduksi di dalam hati, sehingga jerohan mengandung banyak kolesterol. Dalam 100 gram jerohan mengandung 564 mg kolesterol ¬†atau sekitar AKG.
  • Mentega. Banyak makanan yang mengandung mentega seperti biskuit, kue, roti, dan sebagainya. Dalam 100 gram mentega mengandung kolesterol hingga 215 mg atau 72% AKG. Artinya dalam satu sendok makan mentega mengandung 30 mg kolesterol.
  • Kerang. Makanan ini dapat dimakan mentah, dipanggang, digoreng, dan sebagainya. Namun perlu Anda ketahui jika dalam 100 gram kerang mengandung 105 mg kolesterol arau 35% AKG.
  • Makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti kentang goreng, shake atau burger marupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Untuk satu chesse burger saja mengandung sekitar 100 mg kolesterol atau sekitar 33% AKG.
  • Keju. Makanan ini merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Namun perlu Anda ketahui jika rata-rata keju mengandung kolesterol tiggi sekitar 123 mg per 100 gram keju.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Loading...