Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Dalam istilah medis, kadar gula adalah tingkat glukosa di dalam darah seseorang. Pada umumnya glukosa atau gula merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Ukuran seseorang yang memiliki kadar gula darah normal adalah 70 – 200 mg/dL. Sedangkan seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) adalah > 200 mg/dL. Biasanya seseorang yang memiliki kadar gula darah rendah (hipoglikemia) memiliki gejala seperti, penglihatan kabur, sakit kepala, gemetar, berkeringat, tidak dapat berkonsentrasi, mati rasa pada kulit, jantung berdebar hingga merasa gugup.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Lantas bagaiama jika seseorang memiliki kadar gula yang tinggi? Ya, kadar gula tinggi yang melebihi nilai normal dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yaitu penyakit diabetes atau kencing manis. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes sebaiknya memperhatikan beberapa faktor yang dapat menyebabkan diabetes yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Sering mengonsumsi makanan berlemak
  • Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Sering merokok, serta
  • Tidak pernah berolahraga

 

Berikut Cara Menurunkan Kadar Gula Darah yang Bisa Anda Coba

Kulit Manggis

Selain dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker, penyakit jantung dan kolesterol, kulit manggis juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Kulit manggis sangat berguna untuk mengurangi resistensi insulin pada penderita gula darah atau diabetes. Selain itu, kulit manggis juga mengandung antioksidan yang berperan dalam melindungi sel beta pankreas. Sehingga sel tersebut akan mengalami regenerasi dan dapat memproduksi insulin yang berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

Kayu Manis

Cara menurunkan kadar gula darah selanjutnya adalah dengan kayu manis. Sebuah studi menyatakan menggunakan kayu manis dengan takaran yang tepat dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), trigliserida dan juga kolesterol dalam darah. Meskipun memiliki rasa manis, kayu manis sangat ampuh untuk mengurangi resiko berkembangnya diabetes serta mengurangi kadar glukosa dalam darah. Namun sebelum menggunakan kayu manis untuk pengobatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui jenis kayu manis mana yang cocok bagi Anda.

Alpukat dan Kacang-kacangan

Kandungan asam lemak omega 3 pada alpukat dan kacang-kacangan adalah komponen utama dalam mengelola kadar gula dalam darah. Maka dari itu, muailah untuk mengonsumsi buah alpukat dan kacang-kacangan untuk membantu Anda untuk menurunkan kadar gula darah. Tak hanya baik untuk menurunkan gula dalam darah, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit lainnya seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Nah itulah beberapa cara menurunkan kadar gula darah secara alami. Selain menggunakan bahan tersebut, Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti cuka, bawang putih, ekstra daun sirsak, kacang almond serta jangan lupa untuk olahraga secara rutin setiap harinya.

Baca juga artikel menarik mengenai Gejala penyakit diabetes.