Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

By Categories : Kesehatan

Paru-paru merupakan organ dalam tubuh yang berperan penting dalam membantu proses pernafasan. Seperti halnya dengan jantung (Baca juga Cara Menjaga Kesehatan Jantung), paru-paru juga akan mengalami gangguan jika terdapat masalah gangguan. Hal ini juga akan memicu reaksi dari jantung. Jika penanganannya terlambat maka dapat menyebabkan hal buruk seperti gagal nafas yang dapat mengakibatkan kematian. Terdapat banyak penyakit yang dapat memicu penyakit paru-paru. Lalu pertanyaannya bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru yang baik? Simak ulasan dibawah ini!

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Menghindari Kebiasaan Merokok

Perokok pasif dan aktif memang akan lebih parah perokok pasif. Hal ini disebabkan jika perokok pasif berdekatan dengan perokok aktif otomatis secara langsung akan menghirup asap rokok. Hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah serangan pada paru-paru, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari rokok, dan juga menghindari perokok yang di dekat Anda mengingat begitu bahaya yang bermunculan akibat merokok dalam jangka waktu panjang.

Menghindari Polusi Udara

Usahakan untuk menghindari polusi udara entah itu dari asap kendaraan, atau dari udara yang tidak segar. Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah perkotaan mungkin akan susah untuk menemukan udara segar. Oleh karena itu sebaiknya menanam pohon di depan rumah agar udara di sekitar rumah tetap terjaga kesegarannya dan menghindari polusi udara mengingat pohon dapat menyerap karbondioksida pada pagi sampai dengan sore hari. Selain itu Anda juga dapat menggunakan masker ketika berada di luar rumah untuk menghindari polusi udara luar.

Berolahraga Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Selain dapat menyehatkan badan, berolahraga juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan paru-paru. Oleh karena itu usahakan untuk berolahraga di sela-sela kesibukan seharian agar mendapatkan tubuh yang sehat, serta organ tubuh termasuk paru-paru dan jantung. Selain itu berolahraga dapat menambah stamina pada tubuh agar tidak mudah lelah.

Menghindari Rasa Stres

Stres merupakan suatu hal yang tentu tidak diinginkan oleh setiap orang. Biasanya stres dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah beban hidup (Baca Juga Cara Menghilangkan Stres). Dampak dari stres selain psikologi pada jiwa, juga dapat memicu ketidak stabilan pada paru-paru yang mengakibatkan masalah pada pernafasan. Solusinya adalah dengan menanggapi berbagai masalah dengan tenang dan juga akurat, demi menjaga kesehatan paru-paru agar tetap prima dan sehat.

Menghindari Udara Malam dan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang berikut ini memang perlu Anda perhatikan. Udara malam memang tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan paru-paru. Udara malam yang bersifat lembap, dapat mengakibatkan embun dan mengendap pada paru-paru akibat udara tersebut masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit paru-paru basah. Solusinya adalah dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk untuk keluar sampai larut malam. Selain itu imbangi dengan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Itulah pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan paru-paru, baca juga artikel Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

terms: manfaat embun pagi buat paru paru, efek embun pagi untuk paru paru, bahayakah apabila menghirup kabut embun