Cara Menjaga Kesehatan Mata

By Categories : Kesehatan

Mata merupakan organ yang sangat penting mengingat fungsinya. Fungsi mata adalah untuk melihat benda atau objek yang berada di dekat maupun yang berada di kejauhan. Mata jika dibandingkan dengan kamera secanggih apapun tidak ada tandingannya, karena mata merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan yang paling sempurna untuk melihat benda di sekitar kita.

Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap mejaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai macam penyakit mata. Banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan mata, namun banyak juga penyakit mata yang dapat menyerang kita sewaktu-waktu. Seperti halnya pada seseorang yang sering bermain game sambil tidur, membaca buku terlalu dekat dengan pencahayaan yang minim, dan lain sebagainya.

Penyakit mata yang sudah tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi rabun dekat, katarak, buta warna, presbiopi yang tak bisa melihat benda jauh dan dekat, dan banyak penyakit mata lainnya. Untuk menghindari penyakit tersebut, maka dilakukan cara menjaga kesehatan mata. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah ulasan yang dapat Anda baca.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan cara menghindari duduk terlalu lama di depan komputer. Bertatapan langsung dengan komputer dengan waktu yang terlalu lama, dapat mempengaruhi kesehatan mata akibatnya mata akan merasa lelah dan dapat menimbulkan mata minus. Jika tuntutan kerja sebaiknya Anda menggunakan pelindung layar atau menggunakan kacamata pelindung sinar.

Jangan Membaca Buku dalam Cahaya yang Kurang Terang

Hindari membaca buku di kondisi cahaya kurang terang, selain itu hindari juga membaca buku sambil tidur. Hal tersebut memang dapat mengganggu kesehatan mata yang berakibat mata minus. Jika sambil tidur gunakanlah kacamata yang didesain untuk melindungi kesehatan mata.

Mengkonsumsi Buah atau Sayuran yang mengandung Vitamin A

Cara menjaga kesehatan mata yang satu ini memang terbilang ampuh, karena dengan mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, mentimun, dan lainnya dapat mencegah penyakit mata terutama mata minus.

Istirahatkan Mata jika Lelah

Seperti halnya tubuh jika lelah maka istirahat, hal ini juga berlaku untuk mata. Jika mata Anda mengalami kelelahan dan terasa pusing maka istirahatkanlah untuk sejenak terutama jika di depan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Baca juga artikel Kiat Memelihara Kucing Kampung

Jangan Mengucek Mata

Mengucek mata dapat menyebabkan mata memerah, hal ini justru dapat mengganggu kesehatan mata. Jadi usahakan untuk tidak mengucek mata dalam keadaan tangan kotor dan habis memegang benda. Karena tangan yang kotor dapat membuat infeksi pada mata, gunakan obat tetes mata secukupnya dan jangan berlebih.

Kedipkan Mata dan Jangan Terlalu Lama Fokus

Jika didepan komputer atau gadget seperti tablet, smartphone alangkah baiknya untuk mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah. Dengan menambah intensitas mengedipkan mata, maka mata tidak terlalu fokus karena mata yang terlalu fokus otot mata akan tegang. Dengan mengedipkannya otot mata akan kembali relaksasi.

Nah itulah mengenai tips sehat cara menjaga kesehatan mata, sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya Cara Menghilangkan Stres

Loading...