Cara Menjaga Kesehatan Bibir

By Categories : Umum

Bibir sehat, tidak kering, tidak pecah-pecah dan bibir merah merona merupakan hal yang paling didambakan setiap wanita. Namun seperti yang Anda ketahui masalah seputar bibir adalah hal yang sering dikeluhkan oleh beberapa wanita mulai dari bibir menghitam,  bibir pecah-pecah dan juga bibir kering. Masalah bibir yang seperti ini tentunya akan membuat percaya diri seorang wanita menurun. Ini dikarenakan bahwa bibir yang tidak sehat akan dapat mempengaruhi penampilan wajah mereka dan memberikan efek kusam pada wajah.

Cara Menjaga Kesehatan Bibir

Biasanya seorang wanita akan melembabkan bibirnya dengan cara yang praktis yaitu dengan menjilati bibirnya dan membasahinya dengan menggunakan air liur. Tahukah Anda keadaan yang seperti ini dapat membuat bibir Anda semakin kering? Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan cara menjaga kesehatan bibir berikut ini!

Tips merawat bibir agar lebih sehat

Minum air putih

Cara yang pertama adalah dengan cara minum air putih secara rutin setiap harinya. Minum air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir secara alami. Sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat segera teratasi. Hal yang harus dihindari dalam menjaga kelembaban bibi adalah menjilati bibir, karena ini akan dapat menyebabkan bibir semakin kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, mulailah untuk minum air putih secara teratur yaitu 8-9 gelas perhari untuk menjaga kesehatan bibir Anda.

Stop rokok!

Selain dapat menyebabkan masalah kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan beberapa masalah pada bibir yaitu membuat bibir menjadi hitam. Selain rokok, Anda juga harus menghindari hal yang dapat menyebabkan bibir menghitam seperti, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, bibir terkena sinar matahari terlalu lama, menggigit bibir dan menjilatinya. Mulailah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut untuk mendapatkan bibir merah sesuai apa yang Anda inginkan. Baca juga tips memerahkan bibir secara alami.

Campuran gula dan minyak zaitun

Cara yang kedua adalah dengan cara melakukan pengelupasan kulit kering atau exfoliate. Pengelupasan kulit kering dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami seperti gula dan juga minyak zaitun. Caranya, campurkan gula dan minyak zaitun lalu aduk hingga menjadi pasta. Kemudian Anda bisa mengoleskan dan menggosoknya secara perlahan. Selain menggunakan bahan tersebut, Anda dapat menggunakan cara yang lain yaitu dengan menggunakan sikat gigi. Caranya hanya dengan menyikat bibir dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Gunakan pelembab bibir

Cara selanjutnya adalah dengan cara menggunakan pelembab bibir atau lip balm yang memiliki kandungan tabir surya. Lip balm yang Anda gunakan bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir Anda. Hindari juga pemakaian lipstik yang terlalu sering. Karena penggunakan lipstik warna yang terlalu sering dan lama dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Demikianlah ulasan tentang cara menjaga kesehatan bibir. Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti baby oil, madu, minyak zaitum, mentega dan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan dan kelembaban bibir Anda.

Baca juga artikel terkait lainnya tips dan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.