Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

By Categories : Kesehatan

Cara menjaga daya tahan tubuh ketika Anda berpuasa memang penting untuk diperhatikan. Saat Anda puasa maka daya tahan tubuh akan mengalami penurunan sehingga sering membuat seseorang menjadi lemas dan kurang bersemangat. Namun begitu, Anda harus tetap berpuasa karena bagi umat muslim sudah menjadi kewajiban untuk dijalankan.

Daya tahan tubuh merupakan tolak ukur dari kemampuan seseorang dalam mempertahankan serta melindungi tubuh dari masuknya organisme yang dapat merugikan. Untuk menjaga atau menstabilkan daya tahan tubuh cukup mudah, hal ini tergantung dari pola makan sehari-hari. Pola makan atau pola hidup yang kurang sehat dapat memicu penurunan daya tahan tubuh. Untuk itu menjaga pola hidup sehat sangat penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Cara menjaga daya tahan tubuh

Ada berbagai cara menjaga daya tahan tubuh yang dapat Anda lakukan ketika bulan Ramadhan. Anda dapat memilih menggunakan suplemen yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran, cara ini cukup praktis. Namun Anda disarankan untuk menggunakan cara dalam menjaga pola hidup sehat. Cara ini tentu lebih sehat dibanding dengan mengonsumsi suplemen. Selain daya tahan tubuh tetap terjaga, sistem pencernaan juga menjadi lebih sehat.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

Mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh merupakan sesuatu yang penting. Yang perlu Anda perhatikan adalah daya tahan tubuh manusia hanya dapat ditingkatkan secara alami. Berbicara mengenai cara alami, terdapat dua cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang pertama adalah dengan olahraga atau latihan. Olahraga memang baik untuk kestabilan tubuh, ketika berolahraga tubuh akan melakukan proses metabolisme lebih. Namun jika Anda sedang menjalankan puasa maka pilihlah olahraga dengan intensitas rendah. Olahraga yang dapat Anda pilih adalah bersepeda, jalan santai, peregangan, yoga, dan sebagainya. Anda dapat melakukan olahraga beberapa jam setelah sahur dan sore hari menjelang waktu berbuka.

baca juga : manfaat lari untuk kesehatan tubuh

Cara menjaga daya tahan tubuh yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun secara alami. Rasa lemas dan letih saat puasa akan hilang ketika Anda menjaga pola makan yang baik. Selain itu banyak penyakit yang dapat dihindari jika daya tahan tubuh sehat. Sistem imun akan bekerja melawan benda asing yang masuk ke tubuh untuk menimbulkan kerusakan. Jika imun tubuh sehat, pembersihan radikal bebas serta regulasi hormon juga akan sempurna.

Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan cara terbaik untuk tetap sehat ketika menjalankan puasa dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar imun tubuh tetap sehat.

Daging

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda mengonsumsinya saat sahur dan berbuka puasa maka daya tahan tubuh Anda akan terjaga selama puasa. Daging mengandung zink, yakni elemen yang penting yang memiliki kemampuan untuk memproduksi serta memeperbanyak sel darah putih. Seperti yang kita ketahui jika sel darah putih dapat membantu kita untuk melawan penyakit.

Bawang Putih

Bawang putih memang dipercaya memiliki keunggulan untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon dan meregulasi aliran darah. Jika diperhatikan lebih jauh, bumbu dapur ini memiliki fungsi dalam menjaga kekebalan tubuh yang sangat baik. Bawang putih mengandung allcin, yakni komponen yang mampu menghancurkan bakteri serta infeksi.Cara menjaga daya tahan tubuh1

Yoghurt

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Makanan ini mengandung biakan aktif, yakni bakteri yang sangat baik untuk kesehatan. Bakteri tersebut sangat esensial dalam mencegah sistem pencernaan, terutama usus. Jika sistem pencernaan sehat maka sistem kekebalan tubuh juga akan terjaga.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang cukup baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Telur mengandung banyak vitamin, dan yang paling utama adalah mengandung vitamin D. Vitamin D baik untuk membasmi penyakit , meregulasi hormon, dan meregulasi aliran darah di dalam tubuh.

Jamur

Anda dapat menggunakan jamur sebagai menu sahur atau menu buka puasa Anda. Jamur dapat membantu untuk memperbanyak sel darah putih, yaitu sel putih yang dapat melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, jamur juga banyak mengandung zink yang baik untuk kesehatan.

Sayuran Hijau

Sudah tidak dipungkiri lagi jika sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zink yang baik untuk kesehatan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat memasukan sayuran hijau ke dalam menu sahur dan buka puasa Anda. Beberapa sayuran hijau yang dapat Anda pilih adalah bayam, brokoli, dan sebagainya.

baca juga : menciptakan gaya hidup sehat alami

Itulah beberapa cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat ketika berpuasa.

Loading...