Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak

By Categories : Pendidikan, Tips

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak memang sangat penting dilakukan oleh setiap orang tua. Hal ini dikarenakan percaya diri merupakan bagian penting atau fondasi bekal anak untuk dapat bersosialisai ketika menginjak dewasa. Menurut Spikolog anak Ine Indriani Aditya M. Pso, EST mengatatakan, jika anak kurang merasa percaya diri maka orang tua bertugas untuk menelusuri apa yang menjadi penyebabnya. Selain itu penting juga sebagai orang tua untuk tau cara mengindentifikasi anak pemalu atau kurang percaya diri.

Meningkatkan Percaya Diri Pada AnakCara mengindentifikasi anak pemalu atau tidak percaya diri sangatlah mudah yaitu dengan cara melihat ketika ia bersosialisasi dengan teman sebayanya. Apakah Anda pernah melihat anak sering bersembunyi ketika di depan publik ? Itu merupakan tanda bahwa anak tersebut pemalu dan harus segera di atasi. Lantas bagaimana cara meningkatkan percaya diri pada anak ? Simak ulasan berikut ini !

Inilah Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak

Menjadi Pendengar yang Baik
Sesibuk apapun Anda sebagai orang tua cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak Anda. Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan percaya diri pada anak. Komunikasi yang terjalin baik dengan orang tua akan menumbuhkan rasa percaya diri seorang anak. Karena dengan adanya komunikasi tersebut, membuat anak merasa mampu dan terbiasa untuk bereksplorasi dengan apa yang ingin mereka lakukan. Hal itu akan berdampak baik asalkan orang tua bisa menjadi pendengar yang baik untuk mereka.

Selalu Mendukung
Dukungan yang berasal dari orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Seperti misalnya ketika anak belum berhasil melakukan sesuatu, sebagai orang selayaknya harus mendukung jangan justru mengucilkan. Dengan mengucilkan atau menganggap lemah maka akan membuat anak merasa tertekan dan tidak percaya diri. Oleh karena itu sebaiknya sebagai orang tua selalu memberikan motivasi atau dukungan bahwa mereka dapat melakukannya.

Membiasakan Anak Bersosialisai
Lingkungan juga memiliki perananan yang sangat penting untuk meningkatkan percaya diri pada anak. Untuk membuat anak memiliki rasa percaya diri, maka biasakan anak untuk bersosialisai dengan lingkungan sekitar. Semakin sering ia bertemu dengan orang banyak maka akan membuat anak lebih percaya diri dengan lingkungana ataupun orang-orang baru.

Masukkan Anak Ke Sekolah
Cara meningkatkan percaya diri pada anak yang terakhir adalah dengan memasukkan anak ke sekolah. Selain mampu mengasah kecerdasan sosial anak, dengan sekolah juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Karena dengan bersekolah anak akan menjumpai banyak teman sebayanya yang secara alami akan mengasah kemampuan diri dalam bersosialisasi.

Demikian  penjelasan mengenai cara meningkatkan percaya diri pada anak. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak.