Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Diri Sendiri

By Categories : Umum

Meningkatkan motivasi belajar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan semakin menurunnya keingginan seseorang dalam belajar, entah dari anak-anak maupun orang dewasa. Belajar itu sendiri merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan karena dapat menambah wawasan terhadap pengetahuan. Tapi belajar juga dapat menjadi sangat membosankan ketika pada saat tidak mendapatkan dorongan atau motivasi untuk belajar. Apakah Anda juga pernah mengalami kondisi seperti itu ? Mungkin setiap orang pernah mengalaminya.
Berkaitan dengan cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri memang terbilang sangat sulit. Hal itu dikarenakan motivasi tersebut lebih banyak datang dari dalam diri seseorang sebelum dari orang lain. Lantas apakah Anda tahu cara meningkatkan motivasi diri sendiri ? Maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini:

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Diri Sendiri

Inilah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Diri Sendiri

Sebelum kita membahas mengenai cara meningkatkan motivasi pada diri sendiri. Kita ketahui terlebih dahulu yang menjadi faktor untuk meningkatkan motivasi. Motivasi belajar dibagi menjadi du faktor diantaranya sebagai berikut:

Motivasi Internal
Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri individu atas kesadaran akan pentingnya belajar dalam membantu mengembangkan diri. Motivasi internal ini memang sangat sulit untuk ditumbuhkan dibandingkan dengan motivasi eksternal. Motivasi internal memiliki efek untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan baik.

Motivasi Eksternal
Motivasi ini berasal dari luar yang bertujuan untuk memberikan rangsangan yang dapat mempengaruhi oleh individu.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Diri Sendiri

Mengatur Jadwal Belajar
Mengatur waktu belajar merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri. Dalam mengatur jadwal belajar usahakan dilakukan ketika hari sebelumnya. Pisahkan waktu belajar dengan waktu bermain. Memang cara ini pada awalnya sangat berat untuk dilakukan. Namun jika sudah terbiasa, Anda jauh lebih enak untuk menjalaninya.

Fokus Lima Menit
Bagian yang tersulit dalam melakukan hal yang positif adalah untuk memulainya. Karena dalam fase itu Anda akan sangat mudah untuk terpengaruh terhadap hal yang ada di sekitar. Dalam fokus lima menit ini, Anda harus memberi tanggung jawab pada diri sendiri untuk meluangkan waktu lima menit saja untuk belajar.

Selektif Memilih Teman
Selektif memilih teman merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar yang sangat tinggi pengaruhnya. Teman juga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan seseorang. Maka usahakan dalam bergaul Anda benar-benar memilih teman yang baik dan memiliki motivasi belajar yang kuat. Maka dengan begitu secara tidak langsung Anda juga akan terpengaruh dan bersemangat untuk belajar.

Tetapkan Tujuan
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan menetapkan tujuan. Jika Anda memiliki tujuan atau target yang akan Anda capai. Tentu itu bisa menjadi motivasi yang datang dalam diri Anda sendiri. Baca juga artikel terkait lainnya Pentingnya Motivasi Dalam Bekerja

Loading...
terms: cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri