Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Tidak Lemot

By Categories : Teknologi

Kinerja cepat dan tidak lemot menjadi salah satu idaman bagi para pengguna smartphone termasuk untuk pengguna Android. Hal tersebut tentunya sangat membantu saat pemakaian berlangsung. Namun tanpa disadari banyak pengguna smartphone yang melupakan cara perawatan dan penggunaan smartphone yang benar. Akibatnya permasalahan menghampiri pada pengguna smartphone.

Meningkatkan Kinerja Android

Ketika performa smartphone Android menurun akan mempengaruhi kinerja saat digunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena semua bisa di atasi dengan mengetahui beberapa cara. Lalu bagaimana saja cara meningkatkan kinerja Android agar tidak lemot? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Meningkatkan Kinerja Android

Rutin Membersihkan Cache Setelah Pemakaian

Cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan yang pertama adalah dengan rajin membersihkan cache setelah pemakaian. Dengan seiringnya waktu penggunaan, maka cache pada ponsel Anda akan menumpuk. Akibatnya adalah kinerja ponsel Anda akan menurun, untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menghapus cache dengan menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di sistem operasi Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut akan memudahkan untuk menghapus cache yang berasal dari banyak aplikasi yang Anda gunakan.

Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan hanya akan membebani ponsel Android Anda. Dengan bayaknya aplikasi yang diinstal, ditambah lagi dengan aplikasi yang jarang digunakan membuat kinerja ponsel Android akan menurun. Dengan begitu otomatis kinerja menjadi lambat. Untuk itu sangat disarankan menghapus aplikasi yang kurang berguna dan jarang untuk digunakan. Sehingga kapasitas RAM dan memori internal tidak termakan dengan aplikasi yang kurang penting.

Menggunakan Memory Card yang Berkualitas

Kehadiran memori tambahan sangat menunjang aktivitas pada sebuah ponsel pintar. Namun tahukah Anda bahwa memori card juga akan mempengaruhi lemot atau tidaknya ponsel Anda? Untuk itu saat pembelian sebaiknya pilihlah microSD dengan merk berkualitas. Anda harus mengetahui cara memilih microSD yang tepat untuk smartphone Anda. Selain merk jangan lupa untuk memperhatikan kelas microSD tersebut. Misal saja microSD yang bagus adalah Sandisk dengan ukuran 8GB kelas 10 yang memiliki kecepatan mencapai 30MB/S.

Kurangi Penggunaan Live Walpaper

Bagi Anda yang memiliki ponsel Android dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi, sebaiknya kurangi untuk penggunaan live wallpaper. Aplikasi live wallpaper tentunya akan membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar, serta kemampuan prosesor yang mumpuni. Penggunaan live wallpaper juga akan mempengaruhi kinerja baterai akan cepat habis. Oleh sebab itu ketika Anda menggunakan live wallpaper, dan ponsel menjadi kurang responsive sebaiknya ganti dengan wallpaper biasa.

Melakukan Update Aplikasi Serta Menggunakan Antivirus

Peranan antivirus sangat penting untuk mencegah virus masuk ke dalam ponsel Anda. Terdapat banyak aplikasi antivirus yang tersedia untuk perangkat Android yang Anda gunakan. Dengan memasang antivirus, maka akan mempengaruhi resiko malware dan sejenisnya yang dapat menginfeksi. Selain itu jangan lupa untuk mengupdate aplikasi jika terdapat pemberitahuan. Update aplikasi berfungsi untuk membuat aplikasi tersebut lebih optimal saat digunakan dengan pembaharuan yang ada.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara meningkatkan kinerja Android agar tidak lemot yang wajib Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Aplikasi penghemat baterai di Android.

Loading...