Cara Mengusir Semut Hitam yang Ampuh

By Categories : Tips

Permasalahan sering dialami kebanyakan orang yang menyangkut kenyamanan di rumah selain tikus, dan kecoa, ternyata kehadiran hewan tersebut juga menjadi masalah yang perlu diatasi. Semut hitam merupakan salah satu jenis semut yang terkadang mengganggu kenyamanan para penghuni rumah, untuk itu perlu cara mengusir semut. Jumlah semut satu atau dua saja mungkin tidak terlalu menjadi masalah, namun jika jumlah mereka sampai dengan ratusan bahkan ribuan tentu dapat menjadi masalah terhadap kenyamanan.

semut

Terlebih lagi jika mereka mulai menyerang makanan yang ada di meja makan, tentu akan terasa menjengkelkan. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat beberapa cara ampuh yang dapat mengusir semut hitam. Cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah untuk mengusirnya. Lalu bagaimana caranya? Yuk langsung saja, simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengusir Semut Hitam yang Ampuh

Mengusir Semut dengan Daun Sirih

Cara mengusir semut hitam yang pertama adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih sangat ampuh juga untuk mengusir hewan kecil tersebut selain kegunaannya untuk obat tradisional. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggunakan beberapa lembar dari daun sirih yang diremas sampai dengan mengeluarkan aroma khas. Aroma tersebutlah yang kurang disukai hewan bertubuh kecil tersebut, sehingga mereka akan menghindar dari aroma daun sirih yang diletakkan pada suatu tempat.

Mengusir Semut dengan Mentimun

Cara mengusir semut berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Serangga yang biasa hidup berkoloni tersebut tidak begitu suka dengan mentimun. Untuk penggunaannya cukup mudah dilakukan yakni dengan cara mengiris potongan mentium dan diletakkan pada tempat yang kiranya terdapat sarang, agar mereka menghindar dan pergi.

Mengusir Semut dengan Menggunakan Bubuk Kopi

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Untuk cara yang satu ini juga tidak begitu disukai oleh semut. Untuk cara penggunaannya cukup ambil serbuk kopi secukupnya, lalu taburkan pada area yang tidak ingin dijamah oleh semut. Selain itu Anda juga bisa menaburkan serbuk kopi pada sarang semut hitam agar mereka pergi.

Dengan Menggunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa Anda gunakan untuk mengusir semut hitam. Sama seperti pada penggunaan bubuk kopi, ambil baking soda secukupnya dan taruh pada area yang tidak ingin didatangi hewan bertubuh kecil tersebut. Baking soda memiliki aroma khas yang membuat semut tidak menyukainya, sehingga cenderung membuat si semut pergi dan menjauhi area yang telah dikasih baking soda.

Mengusir Semut dengan Menggunakan Cengkeh

Untuk cara alternatif ampuh lainnya dalam mengusir semut hitam dapat menggunakan cengkeh. Cengkeh menjadi bahan alami yang memiliki manfaat dalam mengusir semut hitam. Untuk menggunakannya cukup menaruh beberapa cengkeh pada area seperti meja makan yang biasa menjadi incaran untuk mendatangi makanan yang ada. Aroma dari cengkeh membuat semut kurang menyukainya, sehingga akan membuat mereka menjauhi aroma dari cengkeh.

Nah itulah tadi beberapa cara mengusir semut hitam yang ampuh. Untuk cara lainnya Anda juga bisa menggunakan bawang putih. Baca juga artikel mengenai Cara membasmi rayap di rumah.