Cara Mengontrol Emosi Diri

By Categories : Umum

Emosi merupakan hal wajar yang dialami setiap orang. Emosi terjadi karena sesuatu yang disebakan oleh orang lain maupun disebabkan oleh keadaan yang kurang mendukung. Emosi yang meledak-ledak tentu tidak baik, perlu cara untuk mengendalikan emosi agar tidak terlalu berlebihan. Emosi yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi diri sendiri. Karena ketika seseorang tak bisa menahan emosi dengan baik dapat melakukan hal-hal konyol sampai dengan kelewatan batas. Nah oleh sebab itu beberapa cara metode untuk mengontrol emosi sangat penting untuk dilakukan. Lalu bagaimana saja cara mengontrol emosi diri yang baik? Berikut terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengontrol Emosi Diri

Berikut Cara Mengontrol Emosi Diri

Melakukan Meditasi

Cara pertama untuk mengontrol emosi diri adalah dengan sering melakukan meditasi. Meditasi menjadi cara efektif untuk mengontrol dan meredakan emosi Anda seperti marah maupun sedih. Ketika emosi sudah di puncaknya, sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk melakukan meditasi sebentar. Cari posisi duduk yang nyaman dengan diimbangi tarik nafas sedalam mungkin. Lakukan meditasi kurang lebih selama 5 sampai 15 menit untuk membantu mengontrol emosi yang berlebihan.

Menjauhkan dari Hal yang Dapat Menyebabkan Emosi

Cara mengontrol emosi yang kedua adalah dengan menjauhkan dari hal yang bersifat membuat Anda terpancing untuk emosi. Jika sudah sampai emosi, sebaiknya luangkan waktu selama kurang lebih 10 menit untuk menghindarkan diri Anda dari sumber emosi. Tarif nafas dalam-dalam dan lepaskan agar emosi dapat terkontrol dengan baik.

Melakukan Introspeksi Diri

Cara mengontrol emosi diri yang ketiga adalah dengan melakukan introspeksi diri. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda salah ataupun tidak melalui sudut pandang dari orang lain. Ketika Anda salah jangan malu untuk mengakuinya, dan jangan malah ikut merasa emosi. Introspeksi diri sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk dapat melakukan hal yang lebih baik lagi.

Berpikir Secara Logis

Cara yang keempat adalah dengan berpikir secara logis. Dengan berpikir secara logis dapat bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Ketika emosi yang berlebihan dampak mempengaruhi pikiran Anda menjadi negatif, sehingga dapat melakukan hal yang nantinya akan merugikan diri Anda. Usahakan jangan sampai akal sehat hilang gara-gara emosi saja. Cobalah berpikir logis di saat emosi sedang memuncak.

Mengalihkan Pikiran Anda

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengalihkan pikiran. Cobalah alihkan pikiran Anda di saat emosi Anda sedang naik. Mengalihkan pikiran dapat dilakukan dengan mengingat hal-hal lucu yang pernah terjadi pada orang lain atau pada diri Anda, mengingat kenangan lucu saat bersama pasangan Anda, dan banyak lagi. Dengan begitu maka emosi lebih dapat teralihkan.

Menceritakan Kepada Orang Lain

Langkah yang terakhir adalah dengan menceritakan kepada orang lain yang benar-benar dapat dipercaya. Ini menjadi salah satu cara agar Anda tidak terlalu memendap emosi terhadap sesuatu. Dengan menceritakan kepada orang lain secara psikologis akan merasa lega dan jangan lupa untuk meminta solusi secara baik.

Demikianlah tadi pembahasan mengeai beberapa cara mengontrol emosi diri dengan baik.

Baca juga artikel tentang Tips menghadapi suami egois dan cuek.

Loading...