Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Dijadikan Minuman Segar

By Categories : Makanan

Lidah buaya atau yang biasa disebut dengan Aloe Vera merupakakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang sering digunakan untuk menghias taman rumah. Namun tak hanya itu saja, manfaat lidah buaya umumnya ada banyak, mulai dari untuk menebalkan rambut, melentikkan bulu mata, melembabkan kulit,  mengatasi herpes dan penyakit kulit lainnya.

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Dijadikan Minuman Segar

Namun tahukah Anda saat ini tanaman hias ini telah merambah hampir di semua lini industri, mulai dari pengobatan, campuran produk kecantikan hingga kuliner. Untuk kuliner sendiri lidah buaya seringkali dimanfaatkan sebagai minuman segar. Bagi Anda yang penasaran dengan rasa dari minuman lidah buaya, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Caranya pun sangat mudah, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengolah lidah buaya untuk dijadikan minuman yang menyegarkan.

Inilah cara mengolah lidah buaya menjadi minuman segar

Pilih dan bersihkan lidah buaya

Cara yang pertama adalah memilih dan membersihkan lidah buaya. Ketika ingin membuat lidah buaya menjadi minuman segar, pastikan Anda memilih lidah buaya yang besar dan cukup tua agar dagingnya banyak. Setelah itu kupas sisi lidah buaya yang berduri dan cuci bersih hingga lendir lidah buaya tersebut hilang. Lalu potonglah lidah buaya tersebut sesuai dengan selera Anda. cara paling praktis memotong daging lidah buaya adalah dengan cara memotong dadu.

Rendam dalam air kapur sirih

Cara yang kedua adalah dengan merendamnya dengan air kapur sirih. Setelah Anda mencucinya dan memotongnya rendamlah daging lidah buaya tersebut ke dalam laurat kapur sirih dan garam selama satu jam. Setalh itu cuci lagi daging lidah buaya tersebut hingga bebas lendir dan bebas dari kapur sirih. Agar hasil lebih maksimal, rendamlah daging lidah buaya tersebut ke dalam air tawas selama satu jam dan bilas dengan menggunakan air matang hingga bersih lalu tiriskan. Cara yang satu ini dapat membuat daging lidah buaya menjadi lebih garing di luar namun tetap lembut di dalam.

Rendam dalam air pandan

Cara mengolah lidah buaya selanjutnya adalah dengan cara merendam daging lidah buaya dengan air pandan. Cuci lidah buaya dan potong dagingnya lalu cuci lagi hingga bersih dari lendir. Tiriskan dan sisihkan. Sementara itu, rebus air dan daun pandan hingga wanginya tercium, matikan api lalu rendam daging lidah buaya ke dalam  air pandan tersebut selama satu jam. Tiriskan dan simpan daging lidah buaya tersebut ke dalam lemari es. Hal ini bertujuan agar bau lidah buaya yang tidak sedap bisa tergantikan dengan bau daun pandan. Selain itu, hal ini juga dapat membuat pori lidah buaya  juga lebih kecil. Sehingga ketika dibuat minuman daging lidah buaya tidak mudah hancur.

Manfaat Lidah Buaya

Ada banyak manfaat lidah buaya antara lain untuk rambut, perawatan kulit, dan dijadikan sebagai obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia. Berikut manfaat lidah buaya yang perlu Anda ketahui.

  • Alkalisasi tubuh

Alkalisasi merupaan proses menjaga keasaman tubuh manusia dari makanan yang kita konsumsi. Idealnya manusia mengonsumsi makanan yang mengandung asam sebanyak 20 % dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam. Anda dapat mengonsumsi jus lidah buaya yang bersifat alkali.

  • Sistem imun tubuh

Lidah buaya yang dibuat menjadi jus mengandung antioksidan untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas merupakan senyawa yang tidak dapat stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dalam proses penuaan yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Dengan mengonsumsi jus lidah buaya maka sistem kekebalan tubuh Anda akan tetap terjaga.

  • Mengeluarkan racun tubuh

Cara mengolah lidah buaya jika dilakukan dengan baik maka sangat bermanfaat untuk tubuh. Minuman segar seperti jus lidah buaya dapat digunakan sebagai proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh. Jika Anda seorang perokok dan gemar mengonsumsi junk food maka disarankan untuk rutin mengonsumsi jus lidah buaya. Jus ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

  • Mengurangi berat badan

Mengonsumsi lidah buaya yang dibuat jus mampu membersihkan sistem pencernaan secara alami. Jus lidah buaya akan menetralisir penyebab kelainan pada sistem pencernaan. Pencernaan yang baik mampu menjaga keseimbangan konsumsi dan memperlancar proses buang air besar. Selain itu, lidah buaya juga mampu membuat perut kenyang lebih lama.

  • Sumber asam amino

Perlu Anda ketahui jika dalam tubuh manusia membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak mampu menghasilkan 8 asam amino secara mandiri. Jus lidah buaya hanya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total. Jus buah mampu memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari dalam tubuh manusia.

Nah itulah beberapa cara mengolah lidah buaya untuk dijadikan minuman segar.

Baca juga aneka olahan tahu paling enak.

terms: lidah buaya untuk herpes bagaimana mengolahnya