Cara Mengolah Daging Sapi Agar Lebih Enak dan Lezat

By Categories : Tips

Cara mengolah daging sapi yang benar agar masakan lebih lezat banyak ditanyakan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang hobi memasak. Nah apakah Anda salah satu orang yang mencari hal ini? Jika iya, Anda bisa menyimak ulasan artikel berikut ini.

Meskipun Idul Adha sudah lewat, namun tak sedikit orang yang masih menyisihkan daging untuk di masak di lain waktu. Sebab jika memaksakan diri untuk mengonsumsi daging setiap harinya bisa-bisa kolesterol dalam darah menjadi naik. Tentu saja hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan. Lalu apakah hari ini Anda ingin makan daging? Jika iya, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar masakan Anda lebih nikmat dan lezat.

Umumnya ada beberapa aneka olahan daging sapi yang bisa dicoba, mulai dari steak, rendang, bakso dan masih banyak lagi. Namun perlu diketahui tiap bagian daging sapi perlu diolah dengan cara yang tepat. Hal ini bertujuan agar tekstur daging menjadi lebih empuk dan bumbunya juga meresap. Sebelum mengolahnya, ada beberapa proses yang perlu diperhatikan. Apa saja proses tersebut? Berikut adalah tahapan yang perlu diketahui sebelum mengolah daging sapi.cara-mengolah-daging-sapi

Cara Mengolah Daging Sapi Agar Lebih Nikmat dan Lezat

Memperhatikan Jenis potongan

Yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis potongan. Perlu diketahui jika setiap potongan daging sapi memiliki manfaat tersendiri dalam masakan. Misalnya saja, bagian buntut sapi biasanya digunakan untuk membuat sup atau digoreng biasa. Bagian has dalam sapi bisa diolah menjad rolade ataupun steak sedangkan has luar untuk semur dan paha atas sapi sangat nikmat jika diolah menjadi rendang.

Saat proses pemotongan pun Anda harus memperhatikan serat daging. Semakin besar garis tengah serat maka semakin kurang keempukannya serta semakin tua umur sapi, semakin lama pula proses pengempukannya.

Proses Pengempukan Daging

Sebenarnya ada beberapa cara memasak daging sapi agar cepat empuk, salah satunya yaitu dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papainĀ  yang dapat mencerna protein. Pengempukan alami ini terbilang cukup aman dilakukan jika dibandingkan dengan menggunakan bahan lainnya.

Caranya pun sangat mudah, setelah daging sapi dipotong-potong sesuai masakan bungkus daging dengan daun pepaya yang sebelumnya sudah diremas-remas. Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Tambahkan Aneka Bumbu Masakan

Selain garam dan penyedap rasa, daging sapi juga perlu diolah dengan beberapa bumbu yang nikmat. Mulai dari cengkeh, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri dan aneka rempah-rempah lainnya agar rasa daging lebih enak dan sedap. Jika ingin memasak rendang jangan lupa untuk menambahkan santan agar masakan lebih gurih dan lezat.

Setelah mengetahui cara mengolah daging sapi agar lebih nikmat dan lezat, tak ada salahnya pula jika Anda mengetahui cara menyimpan daging kambing ataupun sapi dalam freezer kalau masih punya sisa daging tersebut. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Cuci dan Potong Daging

Cara pertama adalah dengan mencuci daging di bawah air mengalir hingga bersih sampai tak ada kotoran dan darah yang menempel. Setelah mencucinya Anda bisa memotong daging sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda mencuci daging terpisah dari peralatan masak,makan dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang.

Simpan dalam Plastik

Setelah mencuci dan memotongnya, simpan daging dalam plastik atau wadah tertutup lalu masukkan ke dalam freezer atau chiller. Daging yang disimpan dalam freezer bisa tahan 4 sampai 6 bulan. Saat ingin mengolahnya, Anda bisa melumerkan daging dengan cara membiarkan daging dalam kemasan pada suhu ruang. Jangan merendam daging tanpa kemasan, karena protein dan vitamin akan ikut larut dalam air.

Perhatikan Suhu dan Penempatan Daging dalam Freezer

Jika Anda menyimpannya dalam freezer, pastikan suhu freezer tetap sesuai untuk penyimpanan daging agar kualitasnya tetap baik. Hindari terlalu sering membuka tutup freezer agar suhunya tetap stabil. Selain itu, pisahkan pula tempat daging mentah dan masak.

Sebaiknya taruh daging di bagian paling bawah atau paling belakang kulkas agar tidak bersentuhan dengan bahan makanan lainnya.

Melumerkan Daging Beku

Ada beberapa tips melumerkan daging beku agar kualitasnya tetap terjaga. Setelah dikeluarkan dari freezer, Anda bisa meletakkan di chiller, microwave atau merendamnya di dalam air bersama bungkus atau wadahnya. Setelah dilumerkan, daging sebaiknya tidak dibebukan lagi, karena kualitas daging akan menurun.

Baca juga cara mudah memasak daging kambing agar tidak alot dan bau

Nah itulah beberapa cara mengolah daging sapi agar lebih enak lengkap dengan cara menyimpan daging yang benar.

Loading...