Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

By Categories : Kesehatan, Tips

Mata bintitan secara medis sering disebut dengan hordeolum. Menurut orang zaman dahulu mata bintitan terjadi akibat orang tersebut senang mengintip orang yang sedang mandi. Dan tentu saja hal tersebut bukan penyebab asli dari mata bintitan melainkan hanya sebuah cerita dari nenek moyang kita. Mata bintitan ditandai dengan adanya suatu benjolan yang berwarna merah atau putih pada mata. Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri staphylococcus aureus. Sebenarnya, bakteri tersebut tidak berbahaya.

Mata Bintitan

Meskipun begitu Anda harus tetap barhati-hati, ini karena jika bakteri tersebut terjebak di dalam kelopak mata maka ia akan menimbulkan infeksi dan menyebabkan rasa sakit pada mata. Tak hanya itu saja, bintitan juga merupakan jenis penyakit menular yang dapat ditularkan melalui tangan penderita. Lalu bagaimana cara mengobati mata bintitan? Berikut ulasannya.

Cara mengatasi mata bintitan

Kompres air hangat

Cara mengobati mata bintitan yang pertama adalah dengan cara mengompres dengan air hangat. Air hangat yang Anda gunakan dipercaya untuk mengempeskan benjolan yang terdapat pada kelopak mata. Caranya pun sangat mudah yaitu taruhlah air hangat pada sebuah wadah, jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam. Kemudian celupkan handuk bersih pada air hangat tersebut untuk mengompres mata. Garam mengandung sifat anti bakteri, sehingga jika Anda melakukan pengobatan ini secara rutin, ini akan membantu Anda untuk mengempeskan benjolan tersebut.

Bawang putih

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain dapat digunakan sebagai obat tradisional diabetes melitus, Anda juga dapat memanfaatkan bumbu dapur yang satu ini sebagai obat untuk mengobati mata bintitan. Caranya pun sederhana, yaitu siapkan satu siung bawang putih, kemudian iris beberapa bagian. Setelah itu Anda dapat mengoleskan bawang putih pada benjolan akibat bintitan. Lakukan hal ini dengan hati-hati, karena jika bawang putih masuk ke dalam mata ini akan terasa sangat pedas.

Daun sirih

Cara mengobati mata bintitan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah itu Anda dapat menyaringnya hingga air dan daun rebusannya terpisah. Kemudian, gunakanlah air rebusan daun sirih tersebut untuk membersihkan mata. Lakukan hal ini secara teratur agar benjolan pada mata segera mengempes.

Obat tetes mata

Meskipun bukan suatu cara yang alami, menggunakan obat tetes mata adalah cara paling efektif untuk mengobati mata bintitan. Sebaiknya gunakan obat tetes mata sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Obat tetes mata yang Anda gunakan berfungsi sebagai antibiotik yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengobati mata bintitan secara alami yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Loading...
terms: penyebab mata bintitan, atasi mata bintitan, cara menghilangkan benjolan di mata, cara mengobati mata bintitan di dalam kelopak mata, Cara mENgobati mata cindilan