Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Mudah dan Secara Alami

By Categories : Tips

Mata bengkak merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat membuat seseorang menjadi panik dan cemas. Sebenarnya ketika akan mengobati mata bengkak harus disesuaikan dengan beberapa hal yang menyebabkannya. Lantas hal apa saja penyebab dan cara mengobati mata bengkak? Berikut ulasannya.

Cara Mengobati Mata Bengkak

Penyebab mata bengkak

  1. Flu dan sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi di sekitar rongga hidung. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah. ketika terjadi flu ataupun sinusitis, hal ini akan menimbulkan retensi cairan pada kelenjar mata sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata.

  1. Menangis

Penyebab mata bengkak yang kedua adalah karena menangis. Seseorang yang menangis dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan retensi cairan pada kelenjar mata  di sekitar kelopak mata.

  1. Kurang tidur

Mata bengkak juga dapat disebabkan kareba kurang tidur. Begadang dalam jangka waktu yang sangat panjang dapat menyebabkan  kelelahan pada mata. Hal inilah yang menyebabkan mata membengkak.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan mata bengkak. Selain itu perubahan hormon, usia, diet dan genetik juga dapat menyebabkan hal ini. Lalu bagaimana cara mengobatinya?  Berikut adalah cara mengobati mata bengkak secara alami.

Cara mudah mengobati mata bengkak

  • Menggunakan mentimun

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan mentimun. Cara ini mungkun sudah banyak diterapkan oleh banyak orang. Ya, menempelkan mentimun pada mata juga dapat mengatasi mata bengkak. Caranya, dinginkan irisan mentimun dalam lemari es selama 10 menir lalu tempelkan pada mata. Selain dapatmengurangi mata bengkak, hal ini juga dapat membuat mata tampak segar.

  • Mengompres mata

Yang kedua adalah dengan mengompres mata. Cara paling mudah untuk mengatasi mata bengka adalah mengompres mata dengan menggunakan air dingin. Caranya Anda bisa mengompreskan es batu pada mata. Namun jika tidak tahan dingin Anda bisa merendamnya dengan handuk kecil lalu menempelkannya pada mata.

  • Hindari mengonsumsi garam

Cara mengobati mata bengkak selanjutnya adalah dengan hindari mengonsumsi garam. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan peningkatkan  retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak. Namun meskipun begitu penggunaan garam untuk pengobatan luar juga sangat ampuh untuk meringankan mata bengkak. Caranya campurkan sedikit garam ke dalam air lalu kompreskan pada mata.

  • Menggunakan teh celup

Berikutnya adalah dengan menggunakan teh celup. Angkatlah teh celup yang sudah direbus lalu diamkan sebentar hingga menjadi hangat. Lalu tempelkan mata mata yang bengkak dan tutup dengan kain selama 10 menit.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengobati mata bengkak secara alami.

Baca juga penyebab dan cara mengatasi kantung mata dengan cepat.

Loading...